Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hati-hati! Ini Bahaya Mengonsumsi Daging Sapi


Daging adalah bagian lunak pada hewan yang terbungkus suatu kulit dan melekat pada suatu tulang yang menjadi bahan makanan. Daging tersusun dari lemak yang melekat, tulang rawan, usus dan jaringan otot. Diantara banyak jenis daging hewani, Daging Sapi menjadi komoditas yang paling banyak dikonsumsi masyarakat dunia. Tapi ada juga kelompok tertentu yang tidak mengonsumsi daging sapi terutama umat Hindu. Karena bagi umat Hindu, sapi di yakini adalah kendaraan Dewa Wisnu, salah satu dewa utama bagi kaum Hindu.

Di Indonesia sendiri, ada beberapa daerah yang dijadikan fokus peningkatan produksi daging sapi, diantaranya Aceh, Sumsel, Sumut, Riau, Jambi, Jabar, Lampung, Sumbar, Jabar, Jateng, Jatim, Yogyakarta, Bali, Kalsel, Sulbar, Sulsel, Sulteng,  Sultra, Gorontalo, NTB dan NTT. 

Bahaya mengonsumsi daging sapi

Daging sapi memang menjadi primadona bagi penikmatnya. Selain rasanya yang lezat saat diolah berbagai macam sajian kuliner, Daging sapi juga memiliki kandungan gizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Kandungan gizi yang terdapat dalam daging sapi, Diantaranya : 

• Zat Besi berfungsi untuk membantu dalam menjaga sistem kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya Anemia.
• Seng dan Zinc Berfungsi meningkatkan metabolisme tubuh.
• Kalori Berfungsi sebagai sumber energi     
• Protein Berfungsi dalam membantu menjaga sistem kekebalan tubuh kita agar tetap sehat dan bugar. Dalam 100 g daging sapi, di dalamnya terkandung 26 g Protein. 
• Omega 3 Berfungsi untuk menyehatkan hati, membantu kinerja jantung, dan membantu sistem saraf pusat.
• Selenium Berfungsi sebagai antioksidan untuk membantu sistem imun pada tubuh.
• Vitamin B kompleks Makanan yang mengandung vitamin B kompleks berfungsi untuk membantu kinerja otak menjadi lebih baik.

Meski kandungan gizi terutama protein yang terkandung dari daging sangat bermanfaat untuk tubuh, tapi jika terlalu banyak mengonsumsi daging atau makanan berprotein tinggi memiliki dampak negatif bagi kesehatan. Mulai dari gejala yang ringan hingga yang serius. 

Mulai dari sekarang kalian harus hati-hati , sebab dibawah ini menjelaskan Bahaya mengonsumsi daging sapi, Berikut penjelasannya :

1. Berat badan meningkat 

Mengonsumsi daging tinggi lemak juga dapat meningkatkan berat badan dan kadar kolesterol anda. Daging yang rendah lemak pun apabila melebihi kebutuhan tubuh anda dapat diubah dan disimpan sebagai lemak.

2. Bau mulut

Bau mulut terjadi karena protein yang berlebihan nantinya akan diubah menjadi bagian keton. Keton inilah yang menjadi penyebab utama timbulnya bau pada mulut.

3. Konstipasi 

Konstipasi atau sembelit merupakan kelainan yang terjadi pada sistem pencernaan di mana seseorang atau bahkan hewan mengalami pengerasan pada tinja yang berlebihan sehingga sulit untuk dibuang atau dikeluarkan yang dapat mengakibatkan rasa sakit yang hebat. Orang yang terlalu banyak mengonsumsi daging khususnya daging sapi, umumnya kurang mengonsumsi buah dan sayur sayuran. Karena asupan serat yang kurang atau tidak mencukupi, maka mereka rentan terkena konstipasi dan dapat meningkatkan resiko terjadinya wasir. 

Konstipasi yang cukup hebat disebut dengan obstipasi. Obstipasi yang cukup parah dapat menyebabkan terjadinya kanker usus yang sangat fatal bagi yang menderitanya.

4. Gangguan Ginjal

Asupan daging yang berlebih dapat  memperlambat kinerja organ ginjal kita, karena ginjal akan berusaha untuk mengeluarkan nitrogen dari dalam tubuh melalui urine. Makin banyak mengonsumsi daging, maka kinerja ginjal kita akan berat.

Baca Juga : 7 Gejala Penyakit Gagal Ginjal Kronik

5. Penyakit jantung

Konsumsi daging yang tinggi lemak seperti daging mentah, dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Sebaliknya daging unggas dan ikan dapat menurunkan resiko penyakit jantung tersebut. 

6. Kanker

Konsumsi daging merah yang terlalu banyak dapat meningkatkan resiko kanker, yakni kanker usus besar, payudara, dan prostat. Disinyalir bahan bahan yang terkandung dalam daging merah, seperti hormon, zat karsinogenik dan lemak yang bertanggung jawab terjadinya suatu kanker.

Baca Juga : Faktor-faktor Penyebab Kanker Payudara

7. Sistem kekebalan tubuh melemah

Bila tubuh anda tidak mencerna daging dengan benar, sistem kekebalan tubuh akan mudah terserang. Sistem kekebalan tubuh anda mungkin terpengaruh oleh gula alami ( Neu5Gc ) yang ditemukan daging merah , zat ini akan sulit dicerna oleh tubuh.

Mengonsumsi daging sapi secara berlebihan akan sangat tidak baik untuk tubuh, karena akan berbahaya bagi sistem metabolisme pada tubuh, yang nantinya dapat menimbulkan penyakit.

Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Hati-hati! Ini Bahaya Mengonsumsi Daging Sapi"