Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Waspada! Ada 9 Jenis Makanan yang Menjadi Penyebab Kanker


Kanker, Makanan, Makanan Penyebab kanker

Sebelum kalian mengetahui apa saja sih makanan penyebab kanker, kalian harus tahu lebih dulu penjelasan dari kanker itu sendiri. Kanker adalah penyakit yang disebabkan dari ketidakaturan perjalan hormon yang mengakibatkan tumbuhnya daging pada jaringan tubuh yang normal. Penyakit ini sering di kenal oleh masyarakat kita sebagai tumor, padahal tidak semuanya adalah kanker. Tumor adalah benjolan yang tidak normal, yang terbagi dalam 2 golongan, yaitu tumor jinak dan ganas. Nah kanker adalah istilah untuk tumor ganas.

Berdasarkan data dari Badan Kesehatan Dunia ( WHO ), Pada tahun 2015, 8,8 juta manusia meninggal dunia akibat penyakit kanker ini. Data tersebut menunjukkan kanker masuk dalam 6 penyakit paling mematikan yang mempengaruhi tingkat mortalitas dunia ( Sumber Wikipedia ). Dengan data tersebut, mulai sekarang berhati-hatilah dengan penyakit ini.

Baca Juga : Faktor-faktor Penyebab Kanker Payudara

Kanker bisa terjadi karena beberapa faktor, salah satunya adalah faktor dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Makanan yang dapat kita temui dengan mudahnya ini, ternyata dapat menjadi penyebab kanker.

Makanan apa saja itu? Langsung saja simak penjelasannya dibawah ini :

1. Daging Olahan

Makanan daging olahan seperti daging babi, ayam kalkun, daging babi asap, sosis, dan hotdog, umumnya mengandung pengawet untuk membuat daging tetap segar. Pengawet ini inilah yang dapat memicu terjadinya kanker dalam tubuh manusia karena pengawet tersebut sudah dikategorikan sebagai bahan karsinogenik ( penyebab kanker ).

Para ahli telah menyimpulkan bahwa tiap 59 gram daging yang diolah setara dengan ukuran hotdog rata-rata terbukti dapat meningkatkan kanker usus hingga 18 persen. Jika dalam sehari kamu bisa mengonsumsi lebih dari 90 gram daging olahan, maka saatnya kamu untuk menguranginya. Ada dosis harian yang disarankan dari para ahli untuk makanan hasil dari daging olahan yaitu sebanyak 70 gram/kurang.

2. Popcorn dari Microwave

Microwave sebenarnya dilapisi bahan kimia yang berguna untuk memastikan makanan tetap dalam keadaan segar ketika dimakan. Akan tetapi, Hasil penelitian memperlihatkan, bahan kimia tersebut dapat menyebabkan infertilitas, kanker hati, testis dan pankreas. Bahan kimia yang terkandung dalam popcorn juga diketahui dapat menjadi penyebab kanker dan kerusakan pada paru-paru.

3. Makanan Diet

Meski makanan diet pada umumnya baik untuk kesehatan, namun makanan diet cenderung buruk bagi beberapa orang. Makanan ini bahkan dikatakan lebih buruk dari pemanis buatan atau soda yang dapat menyebabkan kanker berkembang dalam tubuh.

4. Gula Halus

Gula halus terbukti dapat mempercepat lonjakan tingkat insulin dan menumbuhkan sel-sel kanker pada tubuh manusia. Sel-sel kanker ditemukan muncul dengan cepat dan mudah menyebar ke seluruh tubuh pada mereka yang sehari-hari terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula halus.

5. Daging Merah

Mengonsumsi daging merah ( contohnya Daging sapi ) dalam jumlah besar, dapat menumbuhkan sel-sel kanker dalam tubuh. Penelitian yang dilakukan oleh Harvest Medical School menunjukkan bahwa sering menyantap daging merah akan memicu dan meningkatkan perkembangan kanker kolorektal dan kanker usus layaknya daging olahan.

Baca Juga : Hati-hati!! Ini Bahaya Mengonsumsi Daging Sapi

6. Keripik Kentang

Keripik kentang mengandung kadar tinggi akrilamida, Zat Karsinogenik lain yang diaktifkan
Pada makanan yang dipanaskan sampai suhu tinggi melalui memanggang dan membakar.

7. Tepung putih

Kandungan berlebih dari karbohidrat yang ada di dalam tepung putih adalah salah satu penyebab utama munculnya kanker.

8. Kentang Goreng

Kentang goreng mengandung tingkat akrilamida ( zat karsinogenik yang terbentuk dalam makanan pada suhu tinggi ) ketika dipanggang atau digoreng. Penelitian bahkan telah menunjukkan bahwa makanan yang mengandung bahan ini dapat meningkatkan resiko berbagai jenis kanker dalam tubuh manusia.

9. Pemanis Buatan

Makanan yang diolah dengan pemanis buatan, mengandung bahan kimia bernama Aspartame yang telah ditemukan dapat menyebabkan kejang-kejang pada beberapa orang. Selain dapat menimbulkan kejang-kejang, Aspartame diketahui juga dapat memicu terjadinya kanker.


Sampai saat ini, belum ada satupun obat, suplemen, ataupun makanan yang dapat mencegah timbulnya kanker. Resiko kanker hanya bisa dikurangi atau dicegah pertumbuhannya dengan menerapkan pola hidup sehat. Seperti mengonsumsi atau mengolah sendiri beragam jenis makanan sehat yang kaya akan seratnya seperti buah dan sayur-sayuran dan perbanyak juga konsumsi protein dari sumber yang lebih menyehatkan, seperti ikan, telur dan kacang-kacangan. Cara lain yang dapat mengurangi terjadinya kanker adalah dengan berhenti berokok, membatasi minuman bersoda atau beralkohol dan melindungi kulit dari paparan dari sinar UV.


Terimakasih

12 komentar untuk "Waspada! Ada 9 Jenis Makanan yang Menjadi Penyebab Kanker"

  1. Wah serem juga ya makanan2 twrsebut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih serem depcollector sih mas😁

      Hapus
  2. Wadaww... Makasih info nya gan harus hati hati nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 mas, utamakan makan makanan yg organik, sayur dan buah2an segar mas

      Hapus
  3. saya kira kentang goreng aman aman saja ternyata lain lagi terus biar aman gimana ya gan cara mengolahnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rebus terlebih dahulu sebelum digoreng

      Hapus
  4. waduh, harus pintar dalam memilih makanan yang sehat, nih.

    BalasHapus
  5. Ternyata banyak dari makanan enak diatas ada kekurangannya yah mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak belum tentu baik untuk kesehatan

      Hapus
  6. Waduhh ternyata daging juga bsa bikin kanker yaa 😞

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iy mas, jgn mengkonsumsi secara berlebihan

      Hapus