Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Pare untuk Kesehatan

Pare atau Momordica charantia adalah sejenis tumbuhan yang merambat dengan buah yang panjang dan runcing pada ujungnya permukaanya yang bergerigi. Pare berasal dari kawasan wilayah Asia tropis, terutama pada wilayah bagian India barat, yaitu Burma dan Assam.

Pare, Manfaat Pare

Pare merupakan sayuran pahit yang pastinya tidak sepait kisah cintamu yang bertepuk sebelah tangan ya heheh. Pare memiliki banyak nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan, akan tetapi sebagian orang masih menghiraukan sayuran ini karena itu tadi, rasa pahit yang ditimbulkan dari buah pare itu sendiri. Sumber rasa pahit yang ada pada pare berasal dari kandungan zat quinine yang sangat tinggi. Salah satu efek dari keberadaan zat quinine ini memang membuat buah atau sayur mempunyai rasa yang pahit.

Bagi kalian yang pernah memiliki riwayat atau penyakit Diabetes, selain mengonsumsi obat-obatan atau obat herbal untuk diabetes, cobalah memilih pare sebagai menu selingan mulai sekarang. Kandungan polipeptida-p yang ada pada daging dan biji buah  pare ternyata memiliki efek hipoglikemik yang ternyata sangat bagus untuk menurunkan kadar gula dalam darah penyebab diabetes. Hipoglikemik biasanya terjadi pada penderita penyakit diabetes berat menahun yang sangat peka terhadap hipoglikemik berat.

Dengan mengetahui kandungan yang terdapat pada Pare, tidak ada alasan lagi untuk tidak mengonsumsi pare. Setelah kalian mengetahui apa saja kandungan yang terdapat pada pare langsung saja kita ke inti dari pembahasan artikel kali ini mengenai apa saja sih Manfaat Pare yang sangat baik untuk Kesehatan? Berikut beberapa Manfaat yang ada dalam Pare :

1.Memerangi Kolesterol Jahat

Salah satu manfaat pare adalah memerangi Kolesterol jahat yang bersarang pada jaringan tubuh, terutama darah, yang merupakan satu dari sekian banyak penyebab timbulnya penyakit berbahaya dan mematikan seperti serangan jantung. Menurut peneltian yang dilakukan pada tahun 2007 lalu, serangan jantung menjadi penyakit penyebab kematian nomor 1 Di Amerika Serikat, Kanada, Inggris dan Wales dengan menewaskan satu orang setiap 34 detik nya di Amerika Serikat. Perhatikanlah jantung kalian ya, layaknya kalian yang selalu perhatian terhadap si doi.

2. Anti Kanker

Mencegah datangnya penyakit kanker ternyata oh ternyata, mudah seperti mengonsumsi sayur pare loh, Tidak percaya? Selain mengandung zat antioksidan yang aktif menangkal radikal bebas, pare juga menyimpan zat lektin yang aktif menghambat sintetis protein dan DNA pada limfosit Leukimia. Bahkan saat ini, extrak lektin pada pare juga tengah dipelajari kegunaannya untuk pengobatan penyakit Tumor. 
Pare juga mempunyai kandungan protein yang dianggap ampuh mencegah pertumbuhan tumor prostat pada laki laki dewasa. Oleh sebab itu, manfaat pare untuk kanker tidak bisa dibantah.

3. Mencegah Obesitas.

Apakah diantara kalian ada yang sedang giat menerapkan program diet untuk menurunkan berat badan terutama untuk kaum perempuan? Rasanya harus mulai rajin mengonsumsi pare. Sayuran pahit ini terbukti mampu meningkatkan penggunaan Glukosa dan membakar lemak untuk kemudian diubah menjadi energi.

Pada tahun 2013, orang dengan penderita obesitas di dunia berjumlah 2,1 miliiar dan Indonesia masuk dalam urutan 10 besar. Indonesia mempunyai penderita obesitas berjumlah 40 juta orang atau setara seluruh penduduk wilayah Jawa Barat.

4. Meningkatkan Produksi ASI

Apakah Bunda sedang menjalani fase menyusi? Cobalah secara rutin mengonsumsi pare. Sayuran yang dibeberapa daerah disebut Paria ini ternyata mengandung Zat Likopen, Fitokimia, serta  Vitamin K yang sangat bagus untuk merangsang produksi air susu ibu. Manfaat pare untuk ibu menyusui jangan dianggap remeh, karena para peneliti sudah membuktikan akan hal itu.

* Zat Likopen atau lycopene adalah pigmen karotenoid, yaitu fitokimia yang terdapat di dalam buah atau sayur-sayuran. Likopen dikenal memiliki khasiat antioksidan yang kuat, yang sangat penting untuk menjaga kesehatan jaringan karena berfungsi sebagai penangkal radikal bebas dalam tubuh.

* Fitokimia atau fitonutrien adalah jenis zat kimia atau nutrien yang diturunkan melalui tumbuhan termasuk buah buahan dan sayuran.
Dengan mengetahui apa saja manfaat pare untuk kesehatan, masihkah kalian menutup sebelah mata kalian untuk sayuran yang satu ini. Rasa yang pahit tapi tidak dengan manfaat nya bukan.

Itulah berbagai Manfaat Pare untuk Kesehatan, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kalian semua.
Terimakasih.

4 komentar untuk "Manfaat Pare untuk Kesehatan"

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Baru tau ane kalo pare itu bagus buat asi, kebetulan ibu ane sering mengkonsumsi pare pas Lgi menyusui adik ane. Dan waktu produksi asinya sangat banyak, btw keren gan penjelasannya sangat jelas

    BalasHapus
  3. Info yg sangat bermanfaat untuk kesehatan

    BalasHapus