Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Teknologi Tercanggih di Dunia yang Diciptakan China

China, Teknologi China, teknologi tercanggih di dunia
Jika kalian bertanya tentang siapa Negara saat ini yang sedang maju-majunya, kayaknya kita  semua akan menyebut China/RRC yah. Negara tirai bambu ini memang dikenal sebagai negeri dengan sejuta inovasi, termasuk dalam bidang teknologi.

Nah untuk itu di artikel saya kali ini akan membahas inovasi teknologi yang tercanggih dan paling maju di dunia yang berhasil di ciptakan China.

1. Jalan raya bertenaga Surya

Kabarnya nih, China sebentar lagi akan membangun sebuah jalan tol bertenaga surya. Kebayang nggak bagaimana jalanan itu. Jadi fungsi dari jalan tol ini yaitu untuk mengisi mobil soft driving dan kendaraan listrik. Tahu kan kalau di masa depan mobil-mobil akan menggunakan listrik sebagai bahan bakarnya. Hal yang paling keren ternyata jalanan canggih ini panjangnya lumayan juga loh. Jalan tol ini akan menghubungkan Hangzhou di timur China ke pelabuhan dan pusat industri Nimbin di selatan timur.

Jadi di perkirakan panjangnya mencapai 161 km. Pasti keren banget kan kalau di Negara kita Indonesia juga punya jalan tol bertenaga surya seperti di China ini ya.

2. Panel Tenaga Surya Apung

Pada tahun 2015 lalu, China lagi-lagi menghebohkan dunia dengan salah satu inovasi teknolonginya yang sangat luar biasa. Bagaimana gak, di provinsi Anhui China telah di bangun sebuah pembangkit listrik tenaga apung yang terbesar di dunia. Jangan kan terbesar di dunia, pembangkit listriknya saja sudah keren banget. Gila banget kan negeri tirai bambu ini.

Fasilitas tenaga surya 40 MW ini dibangun di atas wilayah bekas penambangan batu bara yang banjir. Jadi mereka memanfaatkan betul kondisi alam mereka. Karena itu pembangkit listrik ini adalah bagian dari perubahan besar dalam penggunaan bahan bakar fosil di China.

3. Shenzen East Waste To Energy Plant

Giman jadinya kalau ribuan ton sampah diubah menjadi plastik tiap harinya? Yup daur ulang pastinya. Pasti pencemaran lingkungan oleh sampah akan teratasi dengan efektif ya. Nah hal keren inilah yang juga sedang dipersiapkan oleh China. Kabarnya nih pada tahun 2020 RRC akan membangun pembangkit limbah terbesar di planet ini. Sekali lagi terbesar di planet ini, gila gila gila.

Pembangkit limbah ini di rancang untuk mengubah 5000 Ton sampah menjadi plastik setiap harinya. Pabrik ini akan di bangun di pusat industri Shenzen yang lebarnya mencapai 1 Mill.

4. Transit Elevated Bus

Ini nih inovasi teknologi yang sempat membuat saingan beratnya Amerika serikat iri. Dalam pameran teknologi tinggi internasional Beijing yang ke-19 pada April 2018 yang lalu, China lagi-lagi bikin bengong dunia dengan konsep transportasi massal masa depannya yang disebut TEB ( Transit Elevated Bus ). Teknologi ini di rancang untuk mengakomodasi 1200 penumpang dan akan menyusuri sepanjang jalan raya yang membentang di kota kuangdong, China.

Bus ini akan menyusuri jalan yang di bawahnya bak terowongan, jadi tetap bisa dilalui oleh kendaraan lain. Jadi ini solusi untuk mengatasi kemacetan. Penciptanya adalah Ben ziming mengklaim bahwa biaya pembangunan teknologi canggih yang akan mulai di uji coba dalam waktu dekat ini kurang dari 1/5 biaya kereta bawah tanah.

5. Quantum Sains Satellite

Kayaknya kalau belum berpikiran tentang kehidupan di planet selain Bumi, belum bisa di bilang canggih yah. Hal ini juga yang disadari China. Belum lam ini Pan Jiangwei  ilmuan kepala akademi ilmu pengetahuan China mengumumkan bahwa pihaknya akan melakukan eksperimen pertamanya dengan satelit quantum. Tau gak fungsi dari satelit ini untuk apa? Katanya sih untuk membangun komunikasi quantum dengan luar angkasa, keren kan. Teknologi ini disebut-sebut akan sangat berguna bagi manusia soal transmisi datanya.

6. Five Hundred Meter Aperture Spherical Telescope ( FAST )

Teknologi selanjutnya yang bikin kita iri sama China adalah Fast. Fast adalah sebuah teleskop radio yang terletak di doandong. Tempat ini merupakan sebuah lembah alami di kabupaten pingpang provinsi guangzo, Tiongkok selatan.

Jadi di lembah alami dalam landscape ini akan berdiri dari sebuah teleskop raksasa yang terdiri dari sebuah piringan tetap 500 m atau 2609 feet. Gak main-main teleskop fast ini merupakan teleskop radio terbesar di dunia. Konstruksi proyek ini sudah di mulai sejak tahun 2011. Kabarnya September 2016 lalu, otoritas proyek sudah melakukan observasi perdananya dan saat ini masih berlangsung proses pengujian dan pengembangan atas teleskop yang telah menyaingi punya Rusia.

7. Perumahan 3D Printed

Kalian sudah pernah dengar tentang percetakan 3D? Pernah membayangkan bagaimana jadinya kalau yang dicetak itu adalah sebuah bangunan atau perumahan. Itu bukan hal yang tak mungkin yah. Soalnya hal inilah yang sudah di ciptakan di China sejak 2014. Perumahan 3D itu dibangun oleh sebuah perusahaan China bernama Winsun  Decoration Desain Engineering. Perusahaan ini sudah berhasil menciptakan 10 rumah cetak 3D di sebuah desa kurang dari 1 hari. Gak cuma itu, tahun 2015 yang lalu perusahaan tersebut kembali membuat gebrakan. Saat itu mereka menciptakan gedung cetak 3D tertinggi di dunia yang lagi-lagi buat Negara saingannya iri seiri-irinya.

8. Komputer Super Cepat menggunakan Prosesor Lokal

Soal komputer super, China telah mendominasi daftar komputer tercepat dan tercanggih sejak 8 tahun silam. Komputer yang kamu gunakan mungkin salah satunya. Tapi negeri tirai bambu tersebut lagi-lagi membuat gebrakan inovasi. Komputer super cepat buatan China ini kembali mengukir prestasi baru pada tahun 2016 kemarin. Untuk pertama kalinya, komputer tercepat sejagat dirilis. Gilanya komputer tersebut sudah menggunakan prosessor buatan lokal 100%.

Itu artinya China sudah bisa membangun komputer nomor 1 tanpa bantuan teknologi dari AS. Jadi gak ada lagi tuh yah prosessor Intel dan prosessor lainnya di komputer super buatan China ini. Kayaknya makin tegang aj nih relasi antara China dan AS.

9. Pesawat Tempur Siluman J-20

Negeri tirai bambu ini juga membuat gebrakan inovasi dalam bidang perpesawatan. Jadi China gak mau kalah dari Rusia, Prancis dan tentunya AS. Akhirnya pesawat tempur siluman buatan China ini melakukan debut pertamanya dalam sebuah pameran China International Aviation Aerospace Exhibition pada 1 Nov 2016 lalu. J-20 pesawat AG600 merupakan pesawat amfibi terbesar di dunia. Bagaimana gak jumbo, pesawat ini memiliki panjang 36 m dengan rentang sayap 38,8 m. Ukuran ini mirip dengan ukuran Boeing 737. Kerennya pesawat tempur amfibi ini juga bisa di gunakan untuk memadamkan api. Pesawat Made in China ini di sebut-sebut sudah menyaingi kapabilitas pesawat jet tempur berteknologi siluman AS bernama F22 RAPTOR.

10. Teknologi Digital 5G

Memang Indonesia sangat terlambat ya kalau soal teknologi. Jaringan 4G saja baru kita nikmati belakangan ini. Padahal diluar sana teknologi  jaringan super cepat ini sudah lama banget dipakainya. Di China saja 4G sudah hampir usang, bahkan saat ini Chia sudah siap-siap untuk menggunakan teknologi 5G yang dikenal dengan kemampuan ultra fast mobile broadbandnya.

Tau gak, jaringan ini secara eksponensial lebih kuat daripada internet nirkabel yang saat ini kita miliki loh. Jadi kebayangkan bagaimana cepatnya dan bisa dipastikan bakalan mendahului AS dan Eropa soal teknologi 5G untuk pasar global. Kabarnya, sebagai starter awal teknologi 5G ini, China sudah membangun kerjasama industri yang luas dan organisasi internasional.


Itulah inovasi teknologi yang diciptakan China yang berhasil menggebrak dunia per teknologian di dunia. Memang saat ini China tengah gentar-gentarnya membangun Negaranya terutama di bidang teknologi. Untuk Smartphone saja, China berhasil menguasai setidaknya 52% pasar Global. Mungkin ini juga ya, yang menyebabkan AS melarang Android untuk di pakai atau di operasikan Huawei, bukan karena stabilitas Negaranya terancam atau terganggu, itu hanya sebuah alibi dari AS.

Melihat perkembangan yang sangat luar biasa, jadi gak salah jika diprediksi China akan menjadi Negara Super Power 10 tahun mendatang.


Terimakasih.

25 komentar untuk "10 Teknologi Tercanggih di Dunia yang Diciptakan China"

  1. Negara china
    Semakin berkembang aja

    BalasHapus
  2. Semoga Indonesia juga bisa kayak gitu. Nice info gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blog nya bagus kak. Informatif banget. Makasih yaa

      Powered by www.fakart-store.com

      Hapus
  3. china semakin canggih aja nih

    BalasHapus
  4. Kita makin kalah sama china aja.

    BalasHapus
  5. coba orang +62 bisa kyk gitu...

    BalasHapus
  6. Memang genius orang chinanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selain Genius, mereka juga gigih dalam membangun Negaranya.

      Hapus
  7. wiiiih cina semakin menunjukkan kualitasnya

    BalasHapus
  8. Startup di china juga keren-keren.
    Mantap inovasinya

    BalasHapus
  9. wahh keren gan,.. jangan lupa kunjugi balik ya gan
    bit.ly/2L5j9Rb

    BalasHapus
  10. inovasi di china emang suka buat amerika gregetan :D
    mampir jug ya gan
    Inspiralifes

    BalasHapus
  11. good artikel banget maju terus bro

    BalasHapus
  12. Mantep juga ya negara china... Nice info bang

    BalasHapus
  13. Coba pemerintah di negara berflower ini lebih peduli dengan membangun teknologi seperti yang ada di artikel pastinya akan bagus negeri ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sdh mulai membangun, tapi ya butuh waktu yg tidak sebentar

      Hapus
  14. Cukup berambisi dan pejuang keras juga yah

    BalasHapus