Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Penyebab Kutu Kemaluan Yang Harus Anda Ketahui


5 Penyebab Kutu Kemaluan Yang Harus Anda Ketahui - Kutu Kemaluan atau dalam nama medisnya Pthirus Pubis adalah merupakan serangga dengan ukuran yang sangat kecil yang bisa merayap pada rambut kemaluan seseorang ke rambut kemaluan lainnya selama kontak seksual terjadi. Parasit ini hidup dengan cara menghisap darah melalui kulit, yang dapat mengakibatkan rasa gatal pada area yang di jangkitinya. Selain pada rambut kemaluan, kutu kemaluan juga bisa mendiami bulu pada ketiak, bulu kaki, janggut, kumis, alis, bulu mata, dan bulu pada dada dan perut punggung. Dengan ukuran tubuh yang sangat kecil melebihi kecilnya kutu kulit pada kepala, kutu kelamin dapat bertahan pada rambut yang bertekstur kasar dan tebal dibanding pada rambut kulit kepala yang cenderung lebih halus dan lembut.

Penyebab Kutu Kemaluan

Penyebab kutu kemaluan pada umumnya ditularkan melalui aktivitas seksual. Walaupun tidak umum, anda mungkin terjangkit kutu kemaluan dari seprai, selimut, handuk atau dari pakaian-pakaian yang kotor. Selain itu, penyebab terjadinya kutu kemaluan ada 5 yang harus diketahui, untuk lebih jelasnya simak penjelasannya dibawah ini :

1. Celana dalam yang jarang diganti

Memakai pakaian dalam harus tiap harinya di ganti dan mencucinya dengan bersih. Bagi yang jorok dan jarang untuk menggantinya, tentunya akan mudah untuk terserang penyakit kelamin ini. Karena penyebab kutu kemaluan adalah celana dalam yang jarang sekali untuk diganti. Hindarilah sikap seperti ini, karena hal itu yang akan memperburuk keadaan tubuh saja, yang dimana kelamin merupakan organ tubuh yang sensitif.

2. Jarang mencuci handuk

Handuk yang dipakai ketika selesai mandi setiap minggunya harus selalu dicuci, agar kuman yang menempel dapat cepat hilang. Karena jika tidak melakukan hal ini, akan menjadi penyebab kutu kemaluan. Dan penyakit ini akan membuat kemaluan merasakan sesuatu yang sebelumnya tidak pernah terjadi.

3. Menggunakan barang pribadi secara bersama-sama

Barang yang sifatnya pribadi, seperti handuk, celana dalam dan lain-lainnya sebaiknya dipakai dengan satu orang saja. Karena hal ini jika dikenakan barengan akan tertular penyakit yang diderita pada orang yang sudah memiliki riwayat penyakit tersebut. Contoh penyebab kutu kelamin yang bisa menularkan melewati barang pribadi yang digunakan bersama.

4. Melakukan hubungan intim dengan pasangan yang sudah menderita kutu kemaluan 

Namun dalam hal ini, ketika melakukan hubungan seks kalian harus waspada atau berhati-hati, karena dapat berakibat buruk. Apalagi jika pada salah satu pasangannya sedang terkena penyakit yang cukup mengkhawatirkan yang bisa menular. Sebut saja penyakit ini adalah penyakit kutu kelamin.

5. Kebersihan yang kurang terjaga

Selalu menjaga kebersihan itu memang harus dilakukan agar tidak menimbulkan sesuatu penyakit yang ada. Apalagi pada bagian tubuh yang sangat terpencil dan sensitif sekali. Salah satunya adalah kemaluan. Banyak penyakit yang terjadi pada kelamin ini, dan penyebab kutu kemaluan adalah karena tidak bisa menjaga kebersihan. Mandi lah yang teratur dengan menggunakan sabun dan jika rambut pada kemaluan sudah panjang, diharapakan untuk segera dipotong.

Pada anak-anak, kutu kemaluan dapat terjadi disaat anak tidur diatas kasur yang sudah terpapar parasit ini dari orang dewasa yang sudah terinfeksi kutu kelamin. Di sisi lain, infeksi kutu kemaluan pada anak-anak juga dapat menandakan adanya kemungkinan pelecehan seksual, sehingga hal ini harus diselidiki lebih lanjut. Umumnya kutu kemaluan pada manusia khususnya pada anak-anak terdapat pada bulu alis dan alis.

Jika sudah terkena kutu kemaluan terus apa efeknya bagi tubuh ?

Sebenarnya kutu kemaluan jarang menyebabkan masalah pada kesehatan yang serius, akan tetapi rasa gatal yang ditimbulkannya bisa sangat tidak nyaman dan mudah menularkan kutu kemaluan ke orang lain. Kutu kemaluan yang betina dapat bertahan rata-rata 25 sampai 30 hari dan masing dapat menelurkan 20 sampai 30 telur. Kutu juga bisa hidup jauh dari tubuh selama 1 sampai 2 hari, sehingga penting untuk memperoleh diagnosis dan pengobatan yang tepat, atau bisa membutuhkan waktu yang lama untuk menghilangkan kutu kemaluan tersebut.

Lantas apa yang harus dilakukan ketika kita telah terserang kutu kemaluan ??

Cara menghilangkan Kutu kemaluan dengan alami dapat dihilangkan dengan menggunakan obat topikal, seperti losion, sampo antiparasit dan krim. Obat ini hanya dapat digunakan pada area yang terinfeksi atau seluruh tubuh pada bagian luar. Jika obat ini masuk atau mengenai mata segeralah untuk membersihkan mata anda dengan air bersih.  Anda mungkin perlu mengulangi perawatan ini selama 7 sampai 10 hari untuk menghilangkan kutu kemaluan secara optimal.

Terimakasih.

Posting Komentar untuk "5 Penyebab Kutu Kemaluan Yang Harus Anda Ketahui"