Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Ciri-ciri Jantung Lemah Yang Harus Diwaspadai

Apa itu Jantung Lemah ? Jantung lemah atau istilah medisnya adalah kardiomiopati merupakan suatu kondisi yang dimana jantung tidak dapat memompa darah yang cukup untuk diedarkan ke seluruh anggota tubuh. Masih banyak orang yang mengira bahwa jantung lemah adalah kondisi ketika jantung tidak bekerja sama sekali, namun definisi yang benar adalah otot jantung yang melemah dan tidak dapat memompa darah untuk diedarkan ke seluruh anggota tubuh yang semestinya.

Ciri-ciri Jantung Lemah

Lantas apa penyebab jantung lemah? Penyebab seseorang menderita jantung lemah diantaranya kelebihan tekanan pada jantung, adanya gangguan degupan pada jantung, terdapat penyakit lain seperti anemia, kerusakan fungsi jantung yang di akibatkan darah tinggi atau serangan jantung dan adanya penyekatan aliran darah dari jantung seperti penyakit stenosis aorta atau aortic stenosis.

Dibawah ini ada 7 Ciri-ciri Jantung Lemah yang banyak orang masih belum mengetahuinya. Berikut penjelasannya :

1. NAPAS PENDEK

Waspadalah jika kamu sering mengalami napas pendek. Padahal dalam kondisi sedang istirahat. Bahkan beberapa penderita jantung lemah mengalami sesak napas ketika menjalani aktivitas yang berat. Bisa jadi jantung bermasalah sehingga proses pompa darah tidak normal dan darah menyesaki paru-paru yang menyebabkan oksigen tidak tersalurkan dengan baik.

2. SERING BATUK

Segera periksakan diri ke dokter ketika mengalami batuk yang berkepanjangan. Karena salah satu ciri-ciri jantung lemah adalah batuk-batuk akibat timbunan darah dan dahak dalam paru-paru. Itulah sebabnya penderita jantung lemah juga sering mengalami batuk berdarah.

3. MUDAH LUPA

Lupa sudah menjadi suatu hal umum karena itulah mungkin tidak pernah terpikirkan bahwa gampang lupa ternyata bisa jadi ciri-ciri dari jantung lemah. Kalau kamu termasuk usia yang masih muda dan sering banget, lupa bisa jadi jantung sedang bermasalah karena suplai oksigen ke otak berkurang.

4.  SERING SAKIT KEPALA

Tak heran banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya mengalami jantung lemah. Karena gejalanya seperti sakit kepala yang dialami oleh sebagian orang. Jika kamu sering sakit kepala disertai gejala-gejala seperti diatas, tak ada salahnya periksakan diri ke dokter. Dikarenakan jantung yang lemah menyebabkan peredaran oksigen terganggu dan menimbulkan sakit pada kepala.

5. MUDAH LELAH, BERKERINGAT, SERTA PINGSAN

Masalah pada asupan oksigen ke seluruh tubuh akibat gagalnya jantung berkontraksi juga bisa mengganggu fungsi normal organ dan jaringan. Akhirnya tubuh jadi gampang lelah serta berkeringat. Kalau sudah parah bisa sampai pingsan. Penderita jantung lemah sangat identik dengan ciri-ciri yang satu ini.

6. JANTUNG BERDEBAR TAK KARUAN

Ciri-ciri jantung lemah yang lain adalah kamu yang sering mengalami jantung yang berdebar tak karuan ( Aritmia ) atau jantung berdetak terlalu cepat ( Palpitasi ) atau jantung berdebar lemas. Padahal kamu gak lagi nunggu sidang atau gebetan yang sedang lewat. Melemahnya jantung menyebabkan jantung harus bekerja lebih keras supaya dapat menyuplai oksigen. Akibatnya detak jantung bisa menjadi cepat tak karuan.

7. PERUT KEMBUNG

Adanya penimbunan yang entah itu diperut atau paru-paru bisa membuat tubuh si penderita jantung lemah terlihat kembung atau besar. Hal ini disebabkan kondisi jantung yang sudah gagal akan menimbulkan gangguan juga terhadap fungsi hati. Jika fungsi hati pun sudah terganggu, maka penumpukkan cairan tidak hanya terjadi pada kaki, tetapi juga pada perut.

Jantung merupakan salah satu organ penting dalam tubuh manusia, jika jantung tidak berjalan normal atau semestinya, maka organ lainnya akan tidak berfungsi dengan baik. Di Indonesia, Jantung lemah merupakan penyakit yang umum di karenakan kasus pertahun nya mencapai lebih dari 150 ribu kasus pertahun. Bahkan dalam beberapa kasus, jantung lemah juga dapat diderita oleh bayi. 

Apakah jantung lemah bisa sembuh? Bisa, selama kalian sering melakukan kontrol ke dokter dan menerapkan pola hidup yang sehat.

Terimakasih.

4 komentar untuk "7 Ciri-ciri Jantung Lemah Yang Harus Diwaspadai"

  1. terimakasih atas penjelasannya gan, lengkap sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sma2 mas, trus update info terbaru dari kami yah..

      Hapus
  2. Ada yang bilang kalau telapak tangan sering berkeringat tanda jantung lemah, benarkah itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. keringat pada telapak tangan sebenarnya disebabkan karena Hipertiroid, bukan karena tanda Jantung Lemah. 

      Terimakasih

      Hapus