Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Trik Rahasia dari Fitur Android

Halo sahabat FANBlog, kali ini saya akan membagikan 10 Trik rahasia dari fitur yang ada di Smarphone berbasis Android yang jarang orang ketahui. Trik yang saya bagikan ke kalian ini sudah saya praktikan sebelum saya membuat artikel ini. Syarat utama dari trik ini adalah kalian harus mempunyai smartphone berbasis Android, yaiyalah, Judulnya saja untuk Android ya hehh.
Trik rahasia android
Jadi bagi kalian yang penasaran langsung saja simak penjelasannya sampai habis ya :

1. Hand write Chrome

Trik yang pertama ini dapat membuat Android kalian lebih canggih dan keren. Mungkin disaat kalian lagi malas mengetik atau tangan kalian lagi berminyak, trik ini sangat cocok untuk kalian gunakan. Untuk menggunakan, caranya kalian cukup masuk ke Google Chrome dan setelah itu ketik google.com, setelah itu kalian scroll ke bawah kemudian ketik tab setelan/setting lalu tab setelan penelusuran, dan kalian cari kolom bagian “ Tulisan tangan atau Hand write “ kemudian tekan aktifkan fitur tersebut. Jika sudah, kalian langsung aja scroll ke bawah untuk simpan/save.

Jadi apapun yang kalian tulis dengan tulisan tangan akan terbaca di pencarian google. Trik ini membuat smartphone kalian lebih canggih dan keren kan.

2. Dark Mode

Salah satu kelebihan menggunakan Dark Mode yaitu dapat menghemat penggunaan baterai kalian. Di Aplikasi massenger kita juga bisa mengubah tampilannya menjadi Dark Mode. Caranya sangat mudah, cukup tab ( titik 3 ) pada bagian kanan atas lalu pilih aktifkan mode gelap dan secara otomatis tampilan massenger kalian akan menjadi gelap/dark Mode.

Bukan hanya di massenger loh, trik ini juga bisa digunakan di kontak telepon kalian. Caranya pun hampir sama, yaitu kalian tab ( titik 3 ) pada bagian atas lalu kalian tab opsi tampilan/display option. Setelah itu kalian aktifkan mode gelapnya.

Fitur ini juga bisa kalian aktifkan disemua Aplikasi besutan Google seperti YouTube, Google Maps, dan Aplikasi lainnya. Untuk aplikasi YouTube kalian pilih setelan kemudian tab umum dan aktifkan tema gelapnya.

3. Safe Mode

Mungkin sebagian dari kalian ada yang sudah tahu ya dengan trik ini, tapi pasti diantara kalian ada yang gak tau apa sebenarnya fungsi dari fitur ini kan, hehh. Fungsi utama dari fitur ini yaitu adalah memeriksa Android dari beberapa aplikasi yang dimana membuat kinerjanya jadi lelet/lemot. Selain itu, kalian juga dapat memakai fitur ini untuk memperbaiki Android kalian yang sering restart sendiri atau sulit untuk booting. Cara untuk mengaktifkannya kalian tinggal tahan tombol power, lalu kalian tab dan tahan power off hingga menunjukkan ( Reboot ke Mode Aman ). Kalian pilih “ OK “ dan tunggu sampai Android kalian selesai restart untuk masuk ke dalam safe mode. Setelah masuk nanti tampilannya menunjukkan Tulisan ( Mode Aman ) dikiri bawah.

Jika kalian mengaktifkan fitur yang satu ini, kalian tidak bisa menggunakan aplikasi yang telah kalian install. Jadi kalian hanya bisa membuka aplikasi bawaan dari smartphone kalian. Untuk mengembalikannya ke mode semula, cukup restart dan secara otomatis akan kembali lagi ke mode awal. Mungkin untuk semua jenis Android berbeda-beda. Kalian tinggal searching di om Google aja sesuaikan dengan merk smartphone kalian.

4. Skala Animasi transisi

Kalian pasti pernah mengalami disaat Android kalian terasa lambat/lelet baik itu membuka Aplikasi atau menjalankan perintah lainnya. Untuk mempercepat kinerja smartphone kalian, caranya dengan menurunkan skala animasi transisi. Caranya kalian masuk ke pengaturan, lalu kalian scroll ke bawah dan pilih sistem. Jika kalian belum mengaktifkan fitur opsi pengembangan, kalian harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Caranya kalian tab tentang ponsel, kemudian cari “ Nomor Bentukan “. Kemudian tab sebanyak 7 kali, jika sudah kalian kembali lagi dan lihat opsi pengembangan. Langsung saja kalian tab, lalu scroll ke bawah. Setelah itu kalian cari skala Animasi Transisi, jika kalian sudah menemukannya, kalian turunkan skala animasinya ke 0.5 x. Setelah itu liat kinerja dari smartphone kalian, akan terasa lebih cepat dari sebelumnya.

5. Mengganti bentuk ikon Aplikasi

Untuk mengubah bentuk ikon aplikasi, caranya cukup tab dan tahan layar smartphone kalian setelah itu kalian pilih setelan layar utama. Pilih ubah bentuk ikon dan kalian tinggal pilih bentuk sesuai dengan selera.

6. Fast Guide setting

Sepeti yang kita ketahui, jika kalian swap sekali status barnya, kalian akan melihat panel motif dan jika di swap kebawah lagi, kalian akan melihat guide setting. Sebenarnya ada trik rahasia yang menjadikannya lebih cepat. Kalian cukup menggunakan 2 jari kalian dan lalu kalian swap ke bawah secara bersamaan. Secara otomatis kalian akan langsung diarahkan ke guide setting nya. Kalau kalian klik 2 kali di status barnya, kalian akan diarahkan langsung ke panel notifnya.

7. Tombol Volume dan Power

Jika ada telpon masuk disaat kalian lagi dikelas, dibioskop atau di tempat yang mengharuskan smartphone kalian di silent, tentu kalian harus mematikannya secara cepat. Caranya kalian cukup tab tombol power jika ada telpon masuk, secara otomatis panggilannya akan dibisukan.

Untuk membuat fungsi dari tombol volume atau power nya bekerja saat ada panggilan masuk, kalian langsung saja ke pengaturan lalu tab “ aksesibilitas “. Selanjutnya kalian scroll ke bawah dan kalian aktifkan tombol daya tutup telpon. Nah jika kalian ada yang telpon kalian tinggal tekan tombol volume atau powernya.

8. Fast copy

Multitasking kini lebih canggih dengan memanfaatkan fitur 2 layar, yang dimana kita dapat membuka 2 aplikasi secara bersamaan. Contohnya kalian membuka browser dan ingin mengcopy teks yang ingin kalian copy, langsung saja kalian select teks yang ingin dicopy. Lalu seret yang ingin di tempelkan dan secara otomatis teks sudah terpaste/tertempel di tempat yang kita inginkan.

Tapi kekurangannya, cara ini hanya bisa digunakan di beberapa aplikasi saja, jadi kalau ada aplikasi yang tidak bisa seperti itu, ya terpaksa kalian harus copy paste secara manual, hehehh.

9. Mengubah tampilan Google widget

Untuk mengubahnya yaitu dengan cara masuk ke aplikasi lalu tab “ lainnya “ yang ada dibawah kanan. Pilih “ sesuaikan widget “, nanti kalian tinggal ubah tampilan widgetnya sesuai selera. Kalian juga dapat mengubah logo widget/bentuknya, warna dan transparansinya .

10. Melihat notif di Aplikasi

Disini kalian dapat melihat notif di setiap aplikasi dengan cara tab dan tahan aplikasinya. Kemudian kalian akan melihat notif dari aplikasi tersebut. Sebagai contoh saya menggunakan google Maps, kalian dapat menambhakan tempat kerja atau rumah kalian dan juga kalian bisa membuka notif popup WhatsApp yang bisa kalian coba. Tapi sayangnya hanya beberapa versi android yang support trik rahasia ini.

Itulah trik rahasia yang ada di android yang telah saya rangkum dan jelaskan di atas. Untuk kalian tahu, sebelum saya posting artikel ini, sebelumnya saya sudah mencoba mempraktikannya ke teman saya terlebih dahulu untuk mengetahui apa mereka memang benar-benar tidak mengetahuinya, dan hasilnya mereka memang tidak tahu trik rahasia yang ada di android yang saya berikan ini hehehe.

Jadi selamat mencoba ya!!!!

Terimakasih.

5 komentar untuk "10 Trik Rahasia dari Fitur Android"

  1. Mantap gan sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. Ternyata itu gan ,hehe barutau saya makasih infonya

    BalasHapus
  3. Mantap infonya. Mungkin bisa ditambahkan gambar gitu biar bisa mempermudah penerapannya

    BalasHapus