Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Kendaraan Terbesar Di dunia yang telah Diciptakan


Demi memudahkan mobilitas manusia, kita memang kerap kali memanfaatkan kendaraan, mulai dari kendaraan pribadi hingga angkutan umum. Dan kalian tau gak sih, setiap kendaraan yang diciptakan, rupanya bentuk dan desainnya itu mempunyai maksud dan tujuan tersendiri. Tidak terkecuali kendaraan berikut ini, yang mempunyai ukuran terbesar di dunia.

Kira-kira apa sajakah kendaraan itu? Langsung saja simak penjelasannya di bawah ini :

1. LIEBHERR T 282B
Diantara kalian, ada nggak yang pernah melihat kendaraan besar ini? Ini kendaraan ya buka rumah, kendaraan ini diberi nama LIEBHERR T 282B. Kendaraan terbesar yang pertama ini mempunyai daya angkut yang luar biasa. Karena mampu mengangkut beban hingga mencapai 600 Ton atau setara dengan beban 15 kali Truk kontainer. Truk yang diciptakan oleh perusahaan Amerika ini, memiliki Panjang 14,5 M, Lebar 8,7 M dan Tinggi 7,4 M, dan ukuran bannya saja bisa mencapai 6 M loh.

Kalian jangan pernah berharap untuk truk ini melintasi jalan raya, ya karena bobot dan Ukurannya yang sangat besar tidak seperti ukuran truk pada umumnya.

2.AIR BUS
Mungkin yang satu ini tak asing lagi buta kalian ya guys? Ada yang bisa tebak ini pesawat apa? Jika kalian berpikir pesawat ini adalah pesawat Airbus A-380 yang terkenal akan ukurannya yang sangat besar berarti kalian tepat. Pesawat besar ini punya 2 tingkatan didalamnya loh, sehingga didalamnya bisa menampung hingga 859 penumpang.

3. TYPHON
Kapal selam Typhon atau Akula ini merupakan kendaraan kapal selam terbesar yang pernah diciptakan manusia. Selain punya Panjang 170 M dan Lebar 13,5 M, kapal yang dijuluki sebagai " Monster Bawah Laut " ini juga memiliki bobot 26000 Ton, bahkan semua unit kapal yang menggunakan tenaga nuklir sebagai bahan bakarnya ini berhasil masuk ke dalam Guiness Book Of World Record.

Kapal dengan ukuran yang sangat besar ini sengaja diciptakan sedemikian rupa, karena bertujuan untuk mengangkut misil balistik yang berukuran diluar standar dan tidak bisa diangkut oleh kapal selam biasa.

4. TAKRAF RB293
Kendaraan yang satu ini merupakan kendaraan ekskavator yang pernah dibuat oleh salah satu perusahaan asal Jerman. Kendaraan ini berfungsi untuk melakukan pekerjaan penambangan batubara seperti pemindahan material. Australia pun menjadi salah satu Negara yang kerap kali menggunakan mesin ini di pertambangannya.

Dengan berat yang mencapai 14,196 Ton, mesin tambang ini pun mendapat julukan sebagai mesin pertambangan terbesar pernah ada di dunia bahkan dimuka bumi ini. Untuk mengoperasikan mesin ini, setidaknya membutuhkan 5 orang teknisi bahan bisa lebih.

5. BLUE MARLIN

Blue Marlin menjadi kendaraan terbesar yang telah diciptakan selanjutnya. Kapal ini didesain untuk tidak mengangkut manusia, melainkan untuk mengangkut barang-barang berat seperti Kapal, Radio raksasa, Tabung LNG raksasa, Kapal militer, Kapal selam bahkan kendaraan-kendaraan atau alat tambang minyak lepas pantai yang sangat luar biasa besarnya. Selain itu kapal ini bisa mengangkut 22 kapal sekaligus dengan erat total mencapai 60000 Ton  bahan bisa lebih.

6. BBC SR N4 MK3
Meski kapal ini termasuk jenis kapal bantalan udara atau Helper craft, tetapi kendaraan ini merupakan Cover craft berukuran besar yang mampu membawa penumpang sebanyak 418 orang dan kendaraan mobil sebanyak 60.

Kapal ini memiliki daya tampung yang banyak dan luas karena kapal ini memiliki panjang 40 M dan berat 190 Ton. Kapal ini juga dapat melaju lebih cepat hingga 83 Knot.

7. KNOCK NEVI'S
Knock Nevis menjadi kendaraan terbesar di dunia yang telah diciptakan manusia. Berbeda dari kapal lainnya, kapal ini menjadi kapal laut terbesar yang ada di dunia. Kapal yang dibangun di Jepang ini memiliki Panjang1504 Feet atau setara dengan 450,5 M. Bobotnya pun mencapai 564.763 DWT, Luas selnya l hampir setara dengan 4 kali lapangan sepakbola.

Awalnya kapal ini di desain untuk mengangkut jumlah besar minyak mentah, akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu, kapal raksasa ini tidak lagi rutin dibersihkan, mengingat ukurannya yang sangat besar sehingga sulit untuk kapal ini memasuki perairan dangkal. Dengan ukuran yang super besar ini, kapal ini dialih fungsikan menjadi sebuah tempat penyimpanan dan pemindahan terapung.


Terimakasih.

3 komentar untuk "7 Kendaraan Terbesar Di dunia yang telah Diciptakan"

  1. Memang hebat tuh anak mesin bikin begituan hehehe

    BalasHapus
  2. Yang no 4 ngeri banget bang heheh ,informatif sekali blognya gan

    BalasHapus
  3. yang terakhir kapalnya mantap!

    BalasHapus