Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Waspada! Cacar Monyet Sudah Sampai di Singapura


Cacar Monyet, Gejala cacar monyet,  bagaimana mencegah cacar monyet
Sumber image : Tribunnews.com
Apa itu Cacar Monyet atau Monkey Pox?

Cacar monyet adalah jenis penyakit langka yang disebabkan dari virus, kemudian ditukarkan ke manusia yang berasal dari hewan. Proses perpindahan virus terjadi saat seseorang melakukan kontak dekat dengan hewan yang terinfeksi seperti tikus dan hewan pengerat lainnya.

Virus ini pertama kali diidentifikasi pada tahun 1958, dan kasus pertama yang dialami oleh manusia adalah pada tahun 1985 tepatnya di Negara Kongo.

Meski namanya cacar monyet, namun penyakit ini sebetulnya bukan berasal dari monyet. Melainkan dan hewan pengerat seperti tikus dan tupai.

Apa saja Gejala Awal yang Muncul?

Si penderita akan mengalami demam dan munculnya ruam-ruam yang terasa sangat panas di seluruh tubuh. Gejala ini akan terjadi muslim 14 hingga 21 hari. Penderita juga akan merasakan sakit kepala yang sangat parah, nyeri pada punggung, dan akan merasakan nyeri pada otot.

Perlu dilakukan tes khusus di laboratorium untuk melihat munculnya penyakit ini, dikarenakan penyakit cacar monyet belum bisa dikenali sendiri dengan gejala-gejala yang muncul.

Bagaimana Mencegahnya?

Untuk mencegah penularan, Menkes menyarankan bahwa sebaiknya mengurangi kontak dengan hewan pengerat serat paparan langsung terhadap darah serta daging yang di masak tidak layak,  mencuci tangan sebelum makan dan juga memakai masker saat batuk.


Virus yang berasal dari Afrika bagian barat itu saat ini terdeteksi sudah masuk ke Negara tetangga Indonesia yaitu Singapura. Menurut Menteri Kesehatan Indonesia Ibu Nila yang melakukan konferensi pers di kompleks Istana Presiden pada Selasa (14/5/2019) " Mula-mula penyakit ini hanya ada di Afrika, terutama di bagian barat, Liberia, Kongo lalu Pantai Gading dan Nigeria. Kita semua khawatir karena saat ini sudah Sampai di Singapura ".

Oleh karena itu, Menkes memerintahkan semua jajarannya untuk bergerak cepat bersama dengan pihak-pihak terkait untuk memperkuat jalur-jalur yang utama dan berdekatan dengan Singapura, misalnya di Batam. Karena Batam adalah pintu masuk utama dari Singapura dan juga pintu masuk lainnya, karena pintu masuk dari Singapura ke Indonesia ini banyak. Untuk mensterilkan jalur-jalur masuk tersebut , telah dilengkapi peralatan pendeteksi suhu tubuh. Penumpang yang terdeteksi memiliki suhu tubuh tinggi, akan langsung segera di karantina untuk diperiksa secara medis.


Terimakasih.

1 komentar untuk "Waspada! Cacar Monyet Sudah Sampai di Singapura"