Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Garam untuk Kesehatan

Garam, Manfaat garam

Manfaat Garam - Garam mungkin menjadi bahan masakan yang paling wajib ada di dapur, selain untuk kelezatan makanan, ternyata garam juga memiliki banyak sekali manfaat yang sangat baik untuk kesehatan kita, mau tahu? Simak penjelasannya di bawah ih :

1. Sakit Tenggorokan

Air garam terbukti sangat ampuh untuk pilek atau flu yang menyebabkan sakit tenggorokan ringan tapi bisa meringankan sakit tenggorokan parah dengan bantuan acetaminophen (tylenol ) atau ibuprofen ( advil ).

2. Sinus dan Infeksi Pernapasan

Studi juga menunjukkan, air asin dari garam dapat membantu mengurangi tingkat keparahan infeksi, baik itu dari infeksi virus maupun bakteri.

Termasuk pilek, flu, radang tenggorokan, dan infeksi virus melalui air liur seperti Epstein-barr mononukleosis. Sebuah studi tahun 2013 tentang metode pencegahan flu nonmedis menemukan bahwa obat kumur air garam mungkin lebih efektif untuk mencegah reinfeksi daripada vaksinasi flu.

3. Alergi

Radang tenggorokan disebabkan karena adanya dapat alergi tertentu-seperti serbuk sari atau anjing dan kucing. Larutan air garam juga dapat membantu gejala sakit tenggorokan yang tidak nyaman akibat reaksi alergi.

4. Kesehatan Gigi

Manfaat dari garam yang lain adalah untuk menjaga kesehatan gigi. Garam bisa mengeluarkan air dan bakteri sekaligus melindungi gusi, sehingga obat kumur bisa efektif untuk meningkatkan kesehatan gigi dan gusi. Mereka juga dapat membantu mencegah radang gusi, periodontitis, dan gigi berlubang. Sebuah evaluasi di tahun 2010 menemukan, menggunakan obat kumur air garam setiap hari dapat membantu menurunkan jumlah bakteri berbahaya yang ditemukan di dalam air liur.

5. Sariawan

Berkumur menggunakan air garam juga bisa meringankan sariawan, juga dikenal sebagai bisul mulut. Mungkin ini terjadi karena air garam mempengaruhi rasa sakit dan pembengkakan yang disebabkan oleh luka di dalam mulut tersebut. Cara membuat obat sariawan menggunakan garam sangatlah mudah. Campurkan 1/4 sampai 1/2 sendok teh garam ke dalam air. Kita bisa berkumur dua kali sehari. Bahkan, kita bisa juga menambahkan larutan air garam dengan madu atau lemon.

Selain dapat mengatasi berbagai macam penyakit diatas, garam juga mempunyai manfaat yang tak terduga yang perlu kamu tahu :

1. Garam dapat mengurangi jerawat di wajah

Salah satu manfaat garam untuk wajah berjerawat adalah dapat mengurangi dan menyembuhkan Jerawat secara signifikan. Hal ini disebabkan kandungan potasium maupun belerang yang terdapat di dalam garam. Fungsi dari potasium dan belerang adalah untuk menyeimbangkan konsentrasi air di dalam kulit serta menghilangkan kotoran yang bisa membuat jerawat bertambah parah.

2. Garam dapat menghilangkan bopeng di wajah

Di wajah kamu ada bopeng? Jangan sedih, tak perlu operasi untuk menghilangkannya, karena manfaat dari garam untuk wajah bopeng pun sangat baik. Garam dengan kandungan mineralnya yang tinggi akan membuat bopeng di wajah tidak terlihat dan memperbaiki jaringan kulit.

3. Garam mampu mengontrol kandungan minyak dalam wajah 

Manfaatnya yang terakhir adalah untuk wajah berminyak yang dimana dapat mengontrol minyak di wajah kita dengan baik. Alasannya sama dengan untuk wajah berminyak, yaitu karena garam  mengandung potasium maupun belerang didalamnya. Khasiat garam untuk wajah yang lain adalah mampu mendetoksifikasi segala sesuatu yang buruk di wajah dengan baik.

Setelah kalian mengetahui apa manfaat garam, kalian jangan juga mengonsumsi garam terlalu banyak. Karena dampaknya akan tidak baik untuk tubuh. Konsumsilah secukupnya.

Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Manfaat Garam untuk Kesehatan"