Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Daun Sirih Merah dan Cara Pengobatannya untuk Segala Jenis Penyakit

Daun sirih merah, Manfaat daun sirih merah, Sirih merah

Manfaat daun sirih merah sebagai ramuan tradisional sudah sangat populer terutama untuk yang sering mengalami mimisan. Tumbuhan yang berasal dari Sulawesi ini memiliki nama ilmiah Piper Orantum yang telah dikenal sebagai tanaman herbal yang dapat mengobati berbagai banyak jenis penyakit yang banyak terjadi. Di dalam daun ini terdapat senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan, dengan kemampuannya untuk menyembuhkan penyakit-penyakit ringan sampai berat.

Untuk mengetahui apa saja manfaat dan bagaimana cara pengobatannya, simak penjelasannya di bawah ini  :

1. Sebagai obat Mimisan

Kandungan fenil popada dan terpen yang terdapat dalam daun sirih merah, akan membantu darah yang keluar saat mimisan dapat segera berhenti. Cara mengobatinya adalah dengan menggulung 1 lembar daun sirih, kemudian sumbatkan ke dalam lubang hidung yang mengeluarkan darah.

2. Sebagai obat Seriawan

Dengan kandungan vitamin C dan zat antiseptiknya, mampu melawan kuman penyebab seriawan. Untuk cara pengobatannya adalah dengan melakukan perawatan rongga mulut dengan mengunyah 1-2 lembar daun sirih merah hingga hancur di dalam mulut. Tunggu selama 10 menit sebelum dibuang, lakukanlah cara ini setidaknya 2 kali dalam sehari.

3. Sebagai obat luka bakar ringan

Ketika seseorang mengalami luka bakar, kandungan zat alkaloid, antioksidan, dan manfaat vitamin C pada daun sirih merah akan membantu meredakan peradangan pada area kulit yang terbakar.  Untuk cara mengobatinya gampang saja, cukup tumbuk 3-5 daun sirih merah, kemudian campur dengan 2 sendok teh madu. Setelah itu  Oleskan di area luka 2 kali dalam sehari.
Namun untuk pengobatan daun sirih merah sebagai obat luar, hanya mampu mengobati luka bakar ringan saja.

4. Sebagai obat merah

Memiliki kandungan senyawa alkaloid yang berperan sebagai anti bakteria dan antiradang, daun herbal ini terbukti mampu untuk meredakan mata merah akibat dari iritasi. Cara pembuatan obatnya juga cukup mudah, Pertama siapkan 20 lembar daun sirih merah terlebih dahulu, kemudian rebus dengan air hingga mendidih. Setelah mendidih, saring air rebusan tadi. Setelah selesai, gunakan sebagai kompres mata atau gunakan untuk membasuh mata sekitar 10 menit.

5. Sebagai obat Gusi yang berdarah

Sebagai obat gusi berdarah kandungan saponin, Tanin, mineral kalsium dan fosfor, mampu meredakan peradangan yang terjadi pada saat gusi mengalami pendarahan. Untuk mengobatinya, Siapkan 10 lembar daun sirih merah kemudian rebus dengan air hingga mendidih. Setelah airnya mendidih, dinginkan sebentar untuk kemudian mengambil sarinya. Setelah itu gunakan untuk berkumur. Untuk mendapatkan hasil yang efektif, lakukan cara ini sebanyak 3 kali sehari.

6. Obat penyakit Bronkitis

Daun pada sirih merah ternyata mengandung Tanin, yang bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit bronkitis jika diminum secara teratur 3 kali dalam sehari. Caranya, anda dapat merebus 6-10 lembar daun sirih merah dalam 300 ml air dan menyisakan setengahnya untuk diminum.

7. Obat sakit Maag

Kandungan terpennoid dan kalvikol di dalam daun ini, terbukti ampuh untuk mengobati sakit maag anda. Caranya mudah, cukup dengan meminum rebusan dari 7 lembar daun sirih yang dikonsumsi 3 kali sehari secara teratur.

8. Obat gatal akibat gigitan serangga

Sirih merah juga dapat meredakan reaksi alergi akibat dari gigitan serangga atau alergi seafood. Caranya, cukup siapkan rebusan 20-30 lembar daun sirih merah, kemudian gunakan untuk mandi 2 kali dalam sehari. Lakukanlah secara rutin untuk menghilangkan gatal dengan cepat.

9. Sebagai obat radang prostat

Bagi para pria yang mengalami permasalahan dengan kelenjar prostat, salah satu solusinya adalah dengan menggunakan daun sirih yang berwarna merah sebagai obat herbal. Kandungan Saponin, tanin, dan hidroksi cavicolnya, akan meregenerasi sel-sel dalam kelenjar prostat, agar dapat menjalankan fungsinya seperti sedia kala. Rebus 3-7 daun sirih merah yang masih muda dan minum airnya sebanyak 3 kali dalam sehari.

10. Obat Darah tinggi

Kandungan minyak Atsiri dan fenol akan membuat tekanan darah menjadi stabil, bagi seseorang yang memiliki riwayat penyakit darah tinggi. Cara mengobatinya, campur rebusan sirih merah dengan madu. Lakukanlah cara ini dengan meminumnya 2 kali sehari.

11. Obat Batuk 

Untuk mengobati penyakit batuk kalian dapat memanfaatkan daun sirih merah ini, Caranya mudah, Pertama-tama siapkan 5 lembar daun sirih merah, kemudian rebus dengan 300 ml air. Setelah selesai, minumlah sebanyak 2 kali sehari. Kandungan manfaat vitamin B, vitamin C dan alkaloidnya akan meredakan radang penyebab batuk pada tenggorokan anda.

12. Obat Payudara bengkak

Daun sirih juga dapat mengobati payudara yang mengalami kebengkakan setelah menyusui. Senyawa allyprokatecol dan karvakrol  yang ada pada daun ini, akan membantu meregangkan otot payudara yang meradang karena terlalu banyak mengeluarkan ASI. Cara mengobatinya adalah dengan membakarnya hingga layu dan tempelkan pada area payudara yang bengkak selagi daun masih hangat.

Baca Juga : Faktor-faktor Penyebab Kanker Payudara

13. Mengobati Tumor

Senyawa antioksidan, flavonoid, dan terpenoid yang ada pada sirih merah mampu meningkatkan kekebalan tubuh seseorang. Ketika sistem imun meningkat maka sel darah putih tubuh akan mampu menghancurkan zat karsinogenik atau tumor berbahaya bagi tubuh.

14. Mengobati Diabetes

Anda dapat mengobati penyakit diabetes yang di derita hanya dengan mengonsumsi rebusan daun sirih merah. Kandungan terpenoid, klavicol, eugenol, dan Pycene akan membantu meningkatkan kinerja insulin dalam mengatur kadar gula dalam darah.

15. Obat radang Paru-paru

Ketika anda sedang menderita radang paru-paru, daun sirih merah dapat menjadi salah satu alternatif untuk menyembuhkannya. Kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan yang akan membersihkan area paru-paru dari senyawa berbahaya yang tidak sengaja masuk ke dalam paru-paru kita. Cara membuatnya, rebus 5-7 sirih merah yang sudah tua dalam 500 ml air untuk menyembuhkan radang paru-paru yang diderita.

16. Obat Asam urat

Sirih merah juga terbukti dapat digunakan sebagai obat penyakit asam urat. Daun ini akan meredakan nyeri otot dan meluruhkan kristal asam urat yang ada di dalam tubuh. Cara membuatnya pun cukup mudah, siapkan 8 lembar daun sirih yang masih muda, kemudian cucilah sampai bersih. Habis itu,
rebus dengan 500 ml air, rebus hingga menyisakan air rebusan hingga 3 gelas saja. Minum 75 ml air rebusan 3 kali dalam sehari secara teratur untuk mendapatkan hasil yang lebih efektif. Jika di rasakan pahit pada saat meminumnya, kalian dapat menambahkan ramuan dengan gula Jawa atau 2 sendok makan madu.

Baca Juga : Masih Muda Tapi Menderita Asam Urat? Ini Penyebabnya

17. Mencegah munculnya Jerawat

Daun sirih merah dapat juga digunakan untuk mencegah atau mengobati jerawat, Dikarenakan memiliki kandungan antioksidan, Flavonoid, dan vitaminnya. Kandungan tersebut akan memberikan nutrisi pada kulit dan mengganti sel-sel kulit wajah yang rusak akibat terpapar, debu dan polusi. Untuk mendapatkan manfaatnya, Caranya cukup dengan merebus 10 lembar daun dalam 200 ml air, selanjutnya saring air rebusan dan dinginkan setelahnya. Gunakan air rebusan untuk cuci muka 2 kali sehari untuk hasil yang optimal.

18. Mengatasi gejala Keputihan

Selain manfaat yang ada pada sirih hijau , jenis daun sirih merah juga dapat berperan sebagai antiseptik yang dapat mematikan bakteri Candida penyebab keputihan. Caranya dengan merebus 5-10 sirih merah ke dalam 250 ml air. Setelah mendidih, saring airnya dan gunakan untuk membasuh daerah kewanitaan kalian.

19. Mengurangi bau badan

Bau badan dapat diatasi dengan daun sirih. Dikarenakan daun ini mengandung estragol dan kavicol yang dapat mengendalikan produksi hormon dan kelenjar keringat dalam tubuh. Daun sirih merah dapat membantu mengurangi permasalahan yang bau badan dengan 2 cara yaitu :

- Mengonsumsi air rebusan daun sirih sebanyak 2 gelas per hari.
- Mengoleskan 2 lembar sirih merah yang telah ditumbuk kedaerahan ketiak secara teratur.

20. Mengobati bau mulut

Kandungan senyawa eugenol dan kavibetol yang ada pada dalam sirih merah akan membantu anda yang mengalami masalah bau mulut tak sedap. Cukup dengan berkumur hasil rebusan sirih merah secara teratur saat pagi hari dan sore hari. Terapkanlah secara teratur agar hasil yang optimal.

Itulah penjelasan mengenai pembahasan kali ini tentang apa saja Manfaat Daun Sirih Merah dan Cara Pengobatannya untuk Segala Jenis Penyakit, semoga bermanfaat bagi kalian.

Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Manfaat Daun Sirih Merah dan Cara Pengobatannya untuk Segala Jenis Penyakit"