Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Faktor-faktor Penyebab Kanker Payudara


Kanker payudara adalah jenis kanker yang ada pada jaringan payudara. Ini adalah jenis kanker yang paling umum diderita oleh kebanyakan kaum wanita. Tapi pria juga bisa terkena kanker payudara, walaupun kemungkinan terjadinya kanker sangat kecil, dalam skala perbandingan nanya 1 diantara 1000.

Penyebab kanker payudara ada 3 faktor, Mulai dari faktor Genetik, Lingkungan dan gaya hidup, bahkan sebagian besar masyarakat Indonesia percaya kalau terlalu sering meremas payudara bisa memicu kanker payudara. Meski kebenaran akan mitos ini tidak diketahui, tapi membuat para wanita merasa khawatir akan hal tersebut. Bahkan mereka tidak mengizinkan sang pasangan untuk meremas atau hanya sekedar meraba payudara saat melakukan pemanasan aktivitas seks.

Faktor kanker payudara, Penyebab kanker payudara

Sebenarnya, meremas payudara tidak akan menyebabkan sel kanker tumbuh dan akhirnya berkembang. Meremas payudara dengan lembut atau tidak sampai melukai justru memberikan kenikmatan pada wanita dalam berhubungan seks. Meremas dengan gaya seperti memijat atau mengurut pada payudara juga bisa melancarkan aliran darah loh sahabat FANBlog. Akibatnya, menjadikan payudara lebih besar dari sebelumnya. Teknik seperti ini sering dipraktikan oleh beberapa wanita yang ingin memperbesar ukuran payudaranya secara alami.

Untuk mengetahui lebih jelasnya faktor-faktor yang mempengaruhi peneyebab terjadinya kanker payudara, simak penjelasan di bawah ini :

1. Faktor Genetik :

• Riwayat dalam Keluarga

Di dalam sebuah keluarga yang didalamnya terdapat kerabat dekat yang menderita kanker payudara atau kanker ovarium, kemungkinan besar akan terkena kanker payudara menjadi lebih tinggi. Dalam Beberapa kasus, kanker payudara tidak mengalami herediter atau diturunkan dalam keluarga. Namun gen tertentu dapat meningkatkan resiko kanker payudara. Cobalah untuk melakukan skrining genetik untuk mengecek kanker payudara, jika ditemui kerabat dekat seperti ibu kandung, saudara perempuan atau anak yang telah menderita kanker payudara di bawah usia 50 tahun. Jika kalian memiliki riwayat ini , segeralah lakukan pemeriksaan rutin ke dokter yang berkompeten. Agar resiko terkena kanker payudara dapat diturunkan.

• Jenis Kelamin

Faktor genetik yang satu ini sudah tidak asing lagi. Betul? Wanita 1000 kali lebih besar atau beresiko terkena kanker payudara dibandingkan seorang pria.

• Masa Menstruasi dan Reproduksi 

Jika anda wanita telah mengalami menstruasi dini pada usia kurang dari 12 tahun dan menopause mengalami keterlambat ( lebih dari 55 tahun ) kemungkinan akan lebih tinggi terkena resiko kanker payudara. Faktor kanker payudara lain yang juga mempengaruhi adalah tidak memiliki anak dan melahirkan di usia yang cukup tua menjadikan resiko terkena kanker payudara lebih besar.

• Kepadatan Payudara 

Wanita memiliki payudara yang didalamnya terdapat jaringan kelenjar yang menghasilkan susu ( lobulus ). Jaringan payudara yang oebih padat mengandung sel-sel payudara yang lebih tinggi dan memungkinkan terjadinya kanker payudara. karena lebih banyak sel-sel yang dapat menjadi kanker payudara.

2. Faktor Lingkungan

Faktor lingkungan ini juga tidak dapat anda sepelekan begitu saja, bahkan sudah banyak kasus yang ditemukan. Penyebab utamanya adalah paparan lingkungan yang tidak bersahabat sama sekali dengan jenis kanker yang satu ini.

• Radiasi

Paparan sinar radiasi merupakan salah satu tindakan medis dalam dunia kedokteran, seperti sinar-X dan computerized tomography (CT) scan, yang dapat menjadi salah satu penyebab kanker payudara. Pada orang yang pernah mengalami hodgkin semasa kecil dan pernah melakukan radio terapi didaerah dada, seharusnya telah melakukan konsultasi dengan spesialis untuk memeriksakan tentang keberadaan kanker payudara. Kemudian jika pada saat ini di butuhkan pengobatan yang membutuhkan radioterapi, lakukan diskusi kepada tenaga medis mengenai kemungkinan terjadinya resiko kanker payudara sebelum pengobatan tersebut berlangsung.

3. Faktor Gaya Hidup

• Implan Payudara 

Wanita yang menggunakan implan payudara dapat mempengaruhi terjadinya kanker payudara lebih tinggi dibandingkan dengan perempuan yang tidak memakai implan sama sekali di payudaranya.

• Konsumsi Alkohol

Salah satu bahaya mengonsumsi alkohol adalah dapat menjadi penyebab berkembangnya sel kanker, seperti kanker payudara. Dalam sebuah penelitian kanker menemukan bahwa, dari setiap 200 wanita yang secara teratur mengonsumsi alkohol dalam kesehariannya, terdapat 3 wanita yang terkena kanker payudara, dibandingkan dengan wanita yang tidak mengkonsumsi alkohol sama sekali.

• Kelebihan Berat Badan 

Terkait dengan hormon estrogen dalam tubuh, ternyata juga menjadi penyebab kanker payudara. Terutama pada seseorang yang mengalami kelebihan berat badan dan telah mengalami menopause lebih beresiko terkena kanker payudara. Hal ini dapat diduga terkait dengan jumlah estrogen dalam tubuh, karena kelebihan berat badan atau obesitas setelah menopause menyebabkan lebih banyak estrogen yang akan diproduksi.

• Kebiasaan Merokok

Ternyata bagi anda yang pernah merokok memiliki resiko terkena kanker payudara sebesar 13% dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah merokok sama sekali. Selain itu, wanita yang sejak usia dini telah merokok, resiko terkena kanker payudara nya menjadi lebih tinggi lagi, yaitu ditambah sebanyak 12%. Dengan melihat resiko ini, mulai sekarang bagi anda yang sudah terlanjur merokok, berhentilah sebelum kanker tersebut menyerang anda.

Jika anda telah mengetahui faktor-faktor penyebab resiko terjadinya kanker payudara, anda dapat mencegahnya secepat atau sedini mungkin, dengan cara menerapkan pola hidup sehat.


Terimakasih.

2 komentar untuk "Faktor-faktor Penyebab Kanker Payudara"