Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Penyebab Umum Sakit Kepala

Penyebab sakit kepala, Sakit kepala
Halo sahabat FANBlog, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang " 6 Penyebab umum Sakit Kepala ". Sebelum saya masuk ke pokok pembahasan, saya mau nanya dulu nih, kalian cukup jawab di dalam hati atau tulis komentar di bawah. Nah pertanyaannya, Apa yang Anda lakukan pertama kali jika mengalami yang namanya sakit kepala baik itu di bagian belakang, depan, kanan atau kiri? Tentu saja mencari obatnya kan, ya rata-rata orang Indonesia bahkan di seluruh dunia pun melakukan hal yang sama.

Jadi yang harus Anda ketahui, bahwa obat sakit kepala hanya untuk meredakan nyeri kepala Anda untuk sementara saja. Jangan hanya mengetahui cara mengatasinya, tetapi Anda harus tahu juga apa penyebabnya. Jika tidak, mungkin akan sembuh sesaat setelah minum obat saja, namun keesokan harinya atau seminggu kemudian anda akan mengalami sakit pada kepala lagi. Dan jika anda mengkonsumsi obat secara terus-menerus, yang ditakutkan adalah efek samping dari obat tersebut.

Maka dari itu, kalian harus tahu apa saja penyebab yang dapat menimbulkan sakit atau nyeri pada kepala anda. Mari kita bahas satu persatu :

1. Kurang Tidur

Saat kita tidur, tubuh akan melakukan recovery. Jadi saat kita stress seharian, tubuh akan mengalami banyak kerusakan. Begitu juga dengan otak, jadi di otak anda ada yang namnya neuron atau saraf-saraf di otak anda. Pada Cortex Cerebral/Cortex di otak anda, neuron akan dipulihkan kembali dengan sendirinya saat tidur. Jadi bukan berarti saat anda makan itu dipulihkan, tetapi saat Anda tidur. Makan hanya mengurangi nutrisi bagi perbaikan otak dan tubuh anda, tetapi proses perbaikannya adalah di saat anda tidur. Jadi percuma anda mengisi bahan bakunya tetapi tidak di istirahatkan.

2. Stress

Stress ini boleh saya katakan semua orang di dunia ini pasti pernah mengalami stress. Bukan seberapa tinggi dan besar stress yang anda alami. Tetapi adalah bagaimana manajemen stress anda atau cara merespon stress ini. Sakit kepala yang dihasilkan oleh stress paling banyak adalah TTH/TENSION TYPE HEADADCHE. Jadi tipe ini sakit kepala seperti ini mungkin beberapa dari anda pernah merasakan, yaitu dari belakang sampai pundak leher itu kaku semua jadi rasanya sepeti papan, jika dipegang sangat keras.

Jika terjadi hal seperti ini otot akan tegang. Otomatis pembuluh darah dan saraf akan tertekan. Banyak dari mereka akhirnya mencari obat untuk relaksasi. Sebenarnya penyebab utama adalah karena stress. Hal ini banyak di temukan pada mahasiswa yang akan menghadapi ujian, para pebisnis dan pekerja kantoran yang akan menghadapi klien pada keesokan harinya atau mendapatkan sebuah proyek yang lebih besar. Akhirnya mereka tidak bisa tidur

3. Dehidrasi

Mungkin anda akan bertanya, apa hubungannya dehidrasi dengan sakit kepala? Harus kalian ketahui, tubuh kita itu terdiri dari 70% cairan. Jadi air yang ada di dalam tubuh kita sangat berperan penting untuk melancarkan sirkulasi dan metabolisme pada tubuh. Jika Anda kekurangan cairan, maka sirkulasi dan metabolisme dalam tubuh akan terganggu. Begitu pula peredaran nutrisi dan peredaran oksigen ke otak, karena sekali lagi 70% adalah cairan. Jika peredaran terganggu, maka otak yang membutuhkan suplai oksigen dan nutrisi tadi akan mengalami gangguan.

Jadi ingat, tubuh Anda memerlukan cairan dan jumlah cairan ini sekitar 40°C/Kg berat badan anda. Dalam kondisi cuaca yang lebih parah atau anda sedang berolahraga, maka diperbolehkan menaikkan jumlah cairan pada tubuh anda.

4. Pilek

Mereka yang pilek akan mengalami sakit kepala. Mengapa? Karena biasanya pilek itu paling banyak disebabkan oleh infeksi virus yang akan menyebabkan peradangan. Jika tubuh mengalami peradangan, biasanya akan mengalami sakit di seluruh sendi, termasuk sakit pada kepala. Jika hal ini terjadi, maka yang adna butuhkan adalah beristirahat lebih banyak. Serta konsumsi air putih dan vitamin c yang bisa kalian dapatkan dari sayur-sayuran dan buah-buahan atau mungkin anda bisa mendapatkannya dari makanan tambahan seperti suplemen.

5. Sakit Kepala

Sakit gigi itu sangat erat kaitannya dengan sakit kepala, mengapa? ya karena posisinya yang sangat dekat, dan syarafnya yang saling terhubung. Banyak orang di Indonesia mungkin di seluruh dunia yang sangat malas untuk  kontrol gigi dan menjaga kebersihan gigi mereka, akhirnya sampai berlubang. Kalau sudah berlubang, itu pasti sakit sekali yang membuat Anda sampai tidak bisa tidur, bahkan tutup mulut saja setengah mati.

Jadi saya sarankan kepada Anda semua untuk mengontrol ke dokter gigi 6 bulan sekali. Anda juga harus berusaha untuk menjaga kebersihan mulut. Dengan melakukannya, maka anda mengurangi resiko terjadinya gigi berlubang.

6. Mengkonsumsi Makanan dan Minuman dingin terlalu cepat

Ada orang yang mengatakan begini, "loh, kan makanan atau minuman dingin jika masuk ke dalam tubuh, suhunya akan kembali normal seperti tubuh kita, itu memang benar. Tapi ingat, tubuh harus memecah ATP ( Adenasin Tri Fosfat ) untuk menghasilkan energi, sehingga bisa menormalkan kembali suhu yang terlalu dingin tadi. Dan ingat juga, semua itu butuh waktu. Jika anda mengkonsumsinya terlalu cepat, maka akan mengganggu sistem tubuh dan saraf-saraf anda. Saraf-saraf itu berhubungan dengan saraf di otak anda. Sehingga jika terganggu, anda akan mengalami sakit kepala. Biasanya tidak berlangsung lama, tapi jika anda sering melakukannya, otomatis tidak akan baik bagi tubuh.

Pesan saya disini adalah " ketahuilah penyebab mengapa anda bisa terkena sakit kepala baik itu bagian belakang/depan dan kanan/kiri. Dan juga bukan berarti ketika anda sakit kepala harus diatasi dengan obat". Mungkin anda membeli di apotek terdekat atau toko terdekat dan langsung mengkonsumsinya setiap kali sakit kepala.

Banyak masyarakat kita akhirnya mendapatkan efek buruk dari oabt sakit kepala yang diminum setiap hari. Mungkin dosis pertama hanya satu tablet. Akhirnya naik 2 tablet, 3 tablet. Karena terjadi resisten di dalam tubuh mereka. Saya harapkan kalian semua dapat mengkonsumsi obat dengan bijak. Dan anda dapat mengetahui penyebab mengapa bisa sakit kepala menimpa Anda.


Terimakasih.

8 komentar untuk "6 Penyebab Umum Sakit Kepala"

  1. Semua penyebab nya pernah aku alami.. Dan memang benar.. Bikin sakit kepala.. Lebih menyakitkan lagi jika tubuh terasa lemah dan loyo karena kecapekan..

    BalasHapus
  2. Bener penyebab nya...paling sering ya nomor 1

    BalasHapus
  3. Saya sendiri sering tidur larut malam dan kurang minum air putih
    Ternyata itu juga salah satu penyebab Sakit kepala
    Nice artikel gan

    BalasHapus
  4. Ntah kenapa, lebih suka tidur sedikit, banyak aktivitas ,
    ternyata gabaik buat kesehatan, tidur terus juga ternyata gabaik.

    mampir juga ke blog ane ya gan
    ctatanpraktis.com

    BalasHapus
  5. Yap bener banget, waktu puasa kondisi haus dan lapar habis tidur siang rasanya pusing banget dah

    BalasHapus
  6. oh, jadi kurang tidur juga berpengaruh ke sakit kepala.
    makasih gan.

    BalasHapus
  7. Gak punya uang juga salah satu penyebab sakit kepala

    BalasHapus