Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Kurma Muda untuk Kesehatan

Manfaat kurma muda

Kurma Muda - Kurma atau dalam nama latinnya dikenal sebagai Phoenix datcylifera, merupakan buah khusus yang berasa dari kawasan timur tengah. Kurma konon berasal dari teluk turki, dan mulai  berkembang ke kawasan timur tengah seperti Arab Saudi, Irak hingga Afrika Utara. Kepopulerannya terus meluas hingga ke seluruh pelosok dunia, seperti Indonesia.

Kurma tumr atau jenis kurma yang telah dikeringkan, merupakan klasifikasi buah yang paling dikenal oleh masyarakat luas. Padahal, ada tiga klasifikasi kurma lainnya yang dapat dikonsumsi dan memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Jenis kurma tersebut adalah kurma muda, kurma ukuran penuh dan kurma matang dengan teksturnya yang lembut.

Diantara keempat klasifikasi kurma diatas, kita mungkin tidak familiar dengan kurma muda ( ruhtob ). Hal tersebut wajar, karena kurma jenis ini tidak mudah didapatkan seperti kurma-kurma lainnya. Selain itu, bentuknya juga lebih kecil, tekstur yang agak keras, dengan bagian dalam berwarna putih seperti kelapa. Dari segi rasa, kurma muda terasa sepat-tidak semanis kurma lain dan meninggalkan rasa segar bagi penikmatnya dikarenakan masih mentah atau masih setengah matang. Kurma ini adalah kurma fresh, yang tanpa melalui proses pengeringan seperti jenis kurma lainnya.

Kurma muda dibedakan menjadi tiga kelompok, yaitu kurma merah, hijau, dan kuning. Seperti jenis kurma pada umumnya, kurma muda juga kaya akan kandungan nutrisi yang sangat  bermanfaat bagi tubuh. Diantaranya adalah zat besi, klorida, kalsium, vitamin A, vitamin C, dan Vitamin K. Buah ini pun memiliki hormon biostin dan neurohipofisis yang bekerja seperti oksitosin.

Terus Bagaimana sih rasa dari kurma ruthob atau kurma muda ini ? 

Bagi kalian yang belum pernah mencicipi kurma muda, berikut kami akan mencoba sedikit gambarkan tentang rasanya :

kurma ini biasanya berwarna kuning atau hijau dengan bentuk yang agak kecil atau ada juga yang berwarna merah dengan bentuk yang besar-besar, rasanya agak pahit keset, dan kalau yang setengah matang, rasanya enak sekali, manis keset persis seperti rasa sawo. Biasanya, kalau yang setengah matang itu ujung depannya bertekstur lembek dan berubah warna menjadi kecoklatan, dan untuk yang berwarna kuning yang ukuran kecil, kalian tinggal makan semua bagian yaitu bagian mateng dan bagian mentah, sehingga akan terjadi sensasi perpaduan dua rasa, keset dan manis lezat yang membuat anda ingin makan lagi dan lagi. Untuk mendapatkan rasa yang lebih maknyus lagi, nikmati kurma ini dengan secangkir kopi.

Memang untuk mendapatkan kurma muda mungkin masih sedikit sulit, karena seperti yang kami uraikan diatas, jenis kurma ini adalah kurma fresh yang mempunyai daya tahan hanya beberapa hari saja jika tidak ditaruh di dalam freezer, artinya buah ini akan menjadi matang dan lembek jika dalam beberapa hari saja berada di tempat terbuka atau tidak berada dalam freezer. Tidak seperti kurma Ambar atau kurma ajwa yang mempu bertahan lama, kurma muda sulit didatangkan jika menggunakan pengiriman reguler atau menggunakan cargo yang bisa memakan waktu 15-30 hari. Jadi bisa dibayangkan kurma mudanya akan membusuk di jalan. Dan sebagai menu solusinya mungkin bisa nitip kepada para jemaah haji atau umroh ataupun orang yang pulang dari Arab yang mana perjalannya memakan waktu kurang lebih satu hari sehingga kondisi kurmanya tidak rusak dijalan.

Setelah penjelasan mengenai kurma muda serta bagaimana rasanya, selanjutnya kita masuk pada pembahasan inti dari artikel kali ini, yaitu manfaat kurma muda untuk kesehatan, berikut penjelasannya :

1. Beberapa ahli kesehatan Islam menyarankan untuk mengonsumsi kurma muda dan kering secara bersama-sama, karena kurma ini bersifat kering dan dingin, sedangkan kurma kering bersifat lembab dan panas. Dua kurma dengan sifat yang berbeda tersebut dipercaya memiliki manfaat dalan menetralisir Obat-obatan dan makanan yang masuk ke dalam tubuh kita.

2. Hormon Botosin memiliki peran penting untuk menaikan gerak peristaltik di dalam pembuluh darah dan uterus ( rahim ) pada wanita, sehingga dapat meningkatkan kesuburannya.

3. Memakan kurma muda dapat membantu sang istri ketika berhubungan badan dengan suaminya, kenapa? Dikarenakan, kandungan dalam kurma dapat menimbulkan rangsangan pada otot polos dalam rahim agar berkontraksi. Hal ini yang juga akan berlaku saat istri sedang melahirkan.

4. Manfaat kurma muda yang lain juga dapat menjadi sebuah alternatif para bagi ibu-ibu menyusui yang kesulitan mendapatkan daun katuk. Kandungan oksitosin dalam buah kurma ini bisa memperbanyak produksi asi untuk sang buah hati.

5. Kurma jenis ini juga bermanfaat dalam mengontrol tekanan darah, menjaga kesehatan mata dan merawat kulit Anda agar tetap sehat, menurunkan peluang kanker mulut, menaikkan kinerja jantung, mencegah stroke, hingga meningkatkan daya ingat anda.

6. Selain untuk kesehatan, kurma ini dipercaya bermanfaat bagi pasutri yang ingin segera memiliki anak. Kurma muda yang berwarna merah dapat meningkatkan kesuburan dan merawat vitalitas pria. Sedangkan wanita dalam masa nifas dapat mengonsumsi kurma warna kuning dan hijau yang kaya akan kandungan kalsium dan zat besi.

Tips mengolah kurma muda untuk pasutri : 

Kurma muda aman untuk dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi sebuah minuman. Jika anda dan pasangan ingin mengolahnya, terlebih dahulu, keringankan dulu hingga dapat dihancurkan menjadi serbuk kurma. Setelah itu, campurkan madu sebanyak satu sendok teh dan seduh dengan air hangat. Minum air dan madu tersebut sekitar setengah jam sebelum berhubungan badan. Konsumsilah secara rutin untuk mendaptakan hasil yang lebih maksimal.

Manfaat kurma muda memang sangat banyak, Apalagi Kurma menjadi salah satu buah yang paling banyak diminati di seluruh dunia, terutama ketika telah memasuki musim Haji ataupun pada saat bulan Ramadhan yang juga sangat baik ketika dikonsumsi sebagai menu buka puasa.

Itulah penjelasan artikel kali ini mengenai Manfaat Kurma Muda untuk Kesehatan, Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian.


Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Manfaat Kurma Muda untuk Kesehatan"