Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Virus Corona : Penyebab, Gejala dan Cara Pencegahan

Corona, Covid-19, Coronavirus

- Apa itu Virus Corona?

Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus jenis baru yang belum pernah teridentifikasi pada manusia. Virus Corona ini adalah sebuah virus yang ditemukan pada manusia dan hewan. Sebagian virusnya dapat menginfeksi manusia serta menyebabkan berbagai penyakit, mulai dari penyakit umum seperti flu, hingga penyakit-penyakit yang lebih fatal, seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Corona menyebabkan penyakit saluran pernapasan (seperti flu) dengan gejala seperti batuk, demam, dan pada kasus yang lebih serius, pneumonia.

Virus corona ini menyebar terutama melalui tetesan air liur atau keluar dari hidung ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin, jadi penting bagi Anda juga berlatih etika pernapasan (misalnya, batuk pada siku yang ditekuk ) atau dengan memakai masker kemanapun dan dimanapun demi mencegah tingkat penularan. Kasus virus ini pertama kali diketahui menginfeksi manusia pada akhir Desember 2019 Di China tepatnya di Wuhan. Kemudian pada Januari 2020, Komisi Nasional Kesehatan China menginformasikan bahwa virus ini bisa menular dari manusia ke manusia. Tingkat penularan virus ini sangat cepat dan telah menyebar ke hampir semua negara, termasuk Indonesia, hanya dalam waktu beberapa bulan. Mengingat cepatnya proses penyebaran dan penularan di seluruh dunia, Akhirnya Badan Kesehatan Dunia World HealtH Organization ( WHO ) menetapkan Virus Corona sebagai Pandemi Global

Di beberapa negara menerapkan kebijakan untuk memberlakukan kebijakan Lockdown demi mencegah penyebaran virus ini. Indonesia sendiri, diberlakukan sebuah kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan tingkat penyebaran virus ini.

- Penyebab Virus Corona ( COVID-19 )

COVID-19 disebabkan oleh Coronavirus, yaitu kelompok virus yang menginfeksi sistem pernapasan. Pada sebagian besar kasus, Coronavirus hanya menyebabkan infeksi pernapasan yang ringan sampai sedang, seperti flu. Akan tetapi, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasanyang sangat berat, seperti Pneumonia, Middle-East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Di awal kemunculan virus ini, para peneliti menduga ditularkan dari hewan ke manusia. Namun, diketahui bahwa virus Corona juga menular dari manusia ke manusia. 

Seseorang dapat tertular COVID-19 melalui berbagai cara, yaitu:

1.     Tidak sengaja menghirup percikan ludah (droplet) yang keluar saat penderita COVID-19 batuk atau bersin.

2.     Memegang mulut atau hidung tanpa mencuci tangan terlebih dulu setelah menyentuh benda yang terkena cipratan ludah penderita COVID-19.

3.     Kontak jarak dekat dengan penderita COVID-19.

Virus ini dapat menginfeksi siapa saja, tetapi efeknya akan lebih berbahaya atau bahkan fatal bila terjadi pada orang lanjut usia, ibu hamil, orang yang memiliki penyakit tertentu, perokok, atau pada orang yang tingkat daya tahan tubuhnya lemah, misalnya pada penderita kanker.

Karena mudah menular, virus Corona juga berisiko tinggi menginfeksi para tenaga medis yang merawat pasien COVID-19. Oleh karena itu, para tenaga medis dan orang-orang yang memiliki kontak dengan pasien COVID-19 perlu menggunakan Alat Pelindung Diri (APD). 

- Apa saja gejala pada Virus Corona ( COVID-19 )?

Gejala infeksi virus Corona atau COVID-19 bisa menyerupai gejala flu, yaitu demam, pilek, batuk kering, sakit tenggorokan, dan sakit kepala. Penderita dengan gejala yang berat bisa mengalami demam tinggi, batuk berdahak bahkan bisa berdarah, sesak napas, dan nyeri pada dada. Gejala tersebut muncul saat tubuh bereaksi melawan virus ini.

Secara umum, ada 3 gejala yang bisa menandakan seseorang terinfeksi virus Corona, yaitu:

1.     Demam (suhu tubuh di atas 38 derajat Celsius).

2.     Batuk.

3.     Sesak napas.

Gejala-gejala COVID-19 tersebut umumnya muncul dalam waktu 2 hari sampai 2 minggu setelah penderita terpapar virus Corona.

- Pencegahan Virus Corona ( COVID-19 )

Sampai saat ini masih belum ditemukan vaksin untuk melakukan pencegahan coronavirus ini, Tapi cara terbaik untuk melindungi diri kita adalah dengan menghindari kondisi atau tempat dimana Anda berpotensi terpapar virus tersebut. Sebuah lembaga pencegahan penyakit yang berada di Amerika, Center for Disease Control and Prevention (CDC) menyarankan Anda beberapa hal di bawah ini untuk mencegah penyebaran penyakit virus corona ini, yaitu:

1.      Perbanyak cuci tangan menggunakan air dan sabun paling tidak selama 20 detik, terutama sebelum Anda keluar kamar mandi; sebelum makan; dan setelah Anda buang ingus, atau batuk, atau bersin.

2.     Jika air dan sabun tidak ada, gunakanlah pembersih tangan alkohol dengan kandungan alkohol sebanyak minimal 60%.

3.     Hindarilah menyentuh wajah sebelum Anda cuci tangan.

4.     Hindarilah kontak dekat dengan orang-orang sakit.

5.     Tinggal di rumah jika Anda sakit.

6.     Tutupi mulut Anda saat batuk dan bersin dengan menggunakan tisu.

7.     Perbanyak membersihkan barang-barang Anda serta perabotan di rumah Anda.

Itulah penjelasan yang dapat saya berikan tentang Corona, semoga dapat menambah wawasan kalian agar mengetahui apa itu Virus Corona.

Pesan dari saya, tetap patuhi protocol kesehatan ataupun himbauan dari pemerintah/para petugas kesehatan agar pandemic ini segera berakhir, dan kita semua dapat hidup seperti biasa lagi.

Terimakasih. 

Posting Komentar untuk "Virus Corona : Penyebab, Gejala dan Cara Pencegahan"