Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Serta Cara Mengatasi BOOTLOOP Pada Android Dengan Mudah

Can you help me ????

Halo Gan... Kembali lagi di FANBlog, Kali ini saya akan membahas mengenai " Penyebab Serta Cara Mengatasi BOOTLOOP ". Istilah bootloop jika diterjemahkan berdasarkan asal katanya merupakan gabungan dari kata 'boot' = menghidupkan perangkat (gadget maupun PC) dan 'loop' = berulang / pengulangan. Jadi bootloop dapat diartikan sebagai proses boot / startup yang berulang atau reboot dengan sendirinya tanpa memasuki sistem secara berkelanjutan.
Masalah bootloop pada android adalah suatu keadaan dimana system hp android anda tidak dapat melakukan proses booting atau start-up sehingga anda tidak bisa masuk ke menu utama dan hanya stuck pada logo Handphone kalian.

Ada 3 kasus Bootloop Android yaitu Light Bootloop, Medium Bootloop dan Hard Bootloop.
Penyebab handphone Android bootloop bermacam-macam seperti kegagalan system, akibat kesalahan pada saat proses rooting hh Anda. Entah itu kesalahan merubah font yang tidak cocok, merubah boot animation, merubah file system Ui dan yang lainnya.
Jika Anda gagal masuk ke menu handphone dan hanya berhenti pada logo berarti itu Bootloop. Jika itu terjadi, sobat nggak perlu Gegana, karena disini saya akan menjelaskan cara mengatasi bootloop pada android tanpa flashing.

Nggak usah Panjang Kali Lebar lagi, Langsung saja Simak penjelasan nya di bawah ini:

Light Bootloop Android
 Atau Bootloop Penyebab bootloop ini biasanya terjadi saat kita menggunakan suatu aplikasi atau game dalam waktu yang lama secara terus menerus, menginstal aplikasi tertentu atau ada masalah pada aplikasi sehingga menyebabkan error, dan biasanya juga terjadi karena Anda mengutak-atik sistem utama dan tidak menggunakan Recovery Mode , dan akibat dari light bootloop ini hanya bersifat sementara seperti Blank Screen.
Cara Mengatasi : Solusinya sangat mudah, Silahkan restart handphone Anda terlebih dahulu, jika masih ada keanehan silahkan matikan dan cabut baterainya lalu pasang dan nyalakan lagi.

Medium Bootloop Android
Hal ini sering terjadi karena Anda mencoba masuk ke system Recovery Mode dan menginstall script yang tidak jelas asal-usulnya dan Biasanya kegagalan sistem seperti ini terjadi jika pengguna melakukan tweaking secara berlebihan, seperti mengotak-atik sistem Android, melakukan kustomisasi tema, modifikasi bootscreen dan sebagainya sehingga terjadi malfungsi.
Cara Mengatasi : Solusi untuk masalah seperti ini yaitu dengan masuk ke menu Android System Recovery dan lakukan factory reset sehingga sistem kembali seperti semula. Solusi lainnya yaitu jika Anda pernah melakukan Backup maka kita dapat melakukan proses Restore dengan menggunakan file Recovery melalui bantuan PC yang berbasis Windows.

Hard Bootloop Android
Kita sampai pada Masalah yang terakhir, sekaligus masalah ini adalah yang paling PARAHHH. Masalah ini terjadi karena melakukan aktifitas root dan tweaking secara Berlebihan. Seperti mengubah atau menghapus Elemen android dan file penting yang dibutuhkan oleh Sistem Android dan tidak dapat di-recover atau dipulihkan. Serangan virus atau program jahat lainnya juga dapat menjadi penyebab error tersebut, dan akibatnya, Anda tidak akan bisa masuk kedalam menu handphone dan hanya stuck pada logo dan kemudian restart berulang kali.
Cara Mengatasi : Silahkan lakukan
Factory Reset, Saya akan memberikan tutorial Factory Reset dbawah. Tapi jika Anda ragu-ragu silahkan bawa ke service center.

Factory Reset :
1. Pertama-tama pastikan baterai Anda cukup, minimal 70% untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.
2. Lalu matikan handphone atau tablet android Anda.
3. Tekan dan Tahan tombol Volume Up + Home + Power secara bersamaan beberapa detik.
4. Gunakan Volume Up untuk memilih menu "Factory reset / wipe data".
5. Kemudian tekan tombol Home untuk memulai proses reset.
6. Tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai.
7. Kemudian pilih lagi menu Reboot System Now.
Untuk masuk ke menu Recovery Mode hanya bisa dilakukan saat kondisi hp mati (off), Recovery Mode Setiap handphone kadang berbeda-beda tergantung merk / tipe hp yang digunakan.

Note: Pelajari dulu penyebab Handphone kalian menjadi Bootloop, Sebelum membawanya ke Service center

Semoga Artikel saya kali ini bermanfaat dan berguna serta dapat menambah wawasan kalian semua.

THANK YOU ALL FOR COMING 🙆

20 komentar untuk "Penyebab Serta Cara Mengatasi BOOTLOOP Pada Android Dengan Mudah"

  1. Gak semua work dengan cara diatas ya min?

    BalasHapus
  2. pantesan hp ane sering bootloop -_-

    BalasHapus
  3. solusinya gimana min kalo bootloopnya parah? faktory reset ampuh engga yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tdk menjamin 100% gan, Krn dri pnglman pernah berhasil, tpi pernah coba lgi mslhnya di lain Hp, nggk bisa, Krn udh rusak total gan.
      Klo mmng ragu2 lebih baik jgn coba2 gan.

      Hapus
  4. skalian hardbrick dijelasin aja disini gan biar lebih luas xD

    BalasHapus
  5. Saya suka sekali artikel, yang begini soalnya saya pecinta teknologi digital.. Nice Info

    BalasHapus
  6. semua nya sudah pernah terjadi di hh ane, dan ane pindah ke microsoft lumia karena udah ngga kuat lagi (ehh malah curhat)

    thanks ya gan infonya bermanfaat banget!

    BalasHapus
  7. untung ane belum pernah alami bootloop pada hp ku.

    BalasHapus
  8. Keren gan Sangat Bermanfaat..

    BalasHapus
  9. Ini keamrin yang dicari, eh di share. Makasih gann

    BalasHapus
  10. Klo hp bottllop klo punya uang langsung gw bawa ke konter tapi klo pas kantong kering gw biarin aja

    Artikelnya sangat membantu boleh dicoba nih pas hp botlop sebelum di bawa ke service center

    Terimakasih infonya bang

    BalasHapus