Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tips dan Trik Aplikasi WhatsApp di Android

Hayyoww, what's app Mas bro dan Mbak sis... Kembali lagi di blog kesayangan kita FANBlog, yang kali ini saya akan berbagi Tips dan Trik pada sebuah Aplikasi social messenger yang bernama WhatsApp Messenger. Aplikasi ini sudah tidak asing lagi bagi kita semua, apalagi WhatsApp telah menjadi plihan utama Social Messenger di bandingkan dengan Aplikasi-aplikasi Social Messenger yang lain. Saat ini WhatsApp telah diunduh sebanyak 1 MILLIAR lebih, tidak heran kan begitu banyak yang telah mengunduh Aplikasi ini.
Tips dan Trik WhatsApp

Sudah dulu Pembahasan tentang WhatsAppnya, Langsung saja Saya akan Memberikan Tips dan Trik nya. Berikut ulasannya:

1.  Kirim Pesan Pribadi ke banyak Pengguna
    Fitur broadcast tidak hanya ada di aplikasi BBM. Aplikasi WhatsApp juga bisa melakukan hal ini. Caranya tap pada logo tiga titik yang berada dipojok kanan atas > pilih New Broadcast > Pilih kontak yang akan dikirimkan pesan > terakhir klik “CREATE” dipojok kanan atas.

2.  Memulihkan Pesan Yang Hilang.
    Setiap harinya WhatsApp akan menyimpan percakapan pesan di perangkat Oprekers. History WhatsApp otomatis disimpan pada jam 02:00 setiap harinya. Pesan ini tersimpan di internal memori yang berada di direktori WhatsApp > database. Sehingga, sewaktu-waktu pesan WhatsApp terhapus karena error atau tidak sengaja menghapusnya bisa dikembalikan. Cara mengembalikan cukup mudah, pilih Settings > App > Pilih WhatsApp lalu pilih clear data. Buka kembali aplikasi WhatsApp > lalu masukkan nomor telepon WhatsApp yang digunakan > Aplikasi WhatsApp akan memberitahukan terdapat history pesan > Terakhir pilih Restore.

3. Sembunyikan Gambar dari WhatsApp di Gallery
    Untuk menyembunyikan gambar yang sudah diunduh di WhatsApp agar tidak ditampilkan di gallery Caranya cukup mudah, hanya denga file eksplorer di Android seperti (root explorer, solid explorer, dll). Oprekers cukup direktori WhatsApp > Â Media > WhatsApp Image. Di direktori WhatsApp image buat folder baru dengan nama “.nomedia“. Tentu tanpa tanda petik, lalu reboot perangkat Oprekers.

4.  Buat jalur pintas percakapan favorit di Home Screen.
    Oprekers punya gebetan dan sering ngingetin makan setiap sejam sekali melalui aplikasi WhatsApp? Agar lebih mudah ngingetinnya buat widget di Home Screen agar memberikan kemudahan akses. Caranya klik percakapan kontak/grup WhatsApp yang ingin dijadikan shortcut > klik logo titik tiga dipojok kanan atas > more > add shortcut.

5. Bisukan (mute) percakapan grup.
    Grup dengan jumlah pengguna yang banyak tentu akan banyak obrolan disana. Jika merasa terganggu, tidak perlu kesal atau bahkan left grup. Jangan baper-an. Karena untuk grup percakapan bisa di mute. Langkahnya juga mudah, klik grup yang ingin dibisukan > Klik tiga titik dipojok kanan > pilih Mute > terakhir pilih waktunya mulai dari 8 jam hingga 1 tahun.

6. Backup Pesan WhatsApp melalui Google Drive.
    Fitur ini akhirnya hadir secara resmi di WhatsApp yang berada di Google Play Store Android. Sebelumnya, WhatsApp melakukan uji coba pada aplikasi tahap beta. Untuk melakukan backup Chat WhatsApp Caranya ada di setting whatsapp > Chat and Calls > pilih chat backup > pilih Back up to Google Drive > lalu pilih akun Google untuk melakukan backup chat.

7.  Atur unduhan media WhatsApp.
    Atur di settings WhatsApp untuk media-auto download. Dipengaturan ini terdapat pada Chats and Calls. Untuk menghemat kouta data internet, Caranya pilih when using mobile data = no media. Ketika terkoneksi internet pilih semua media (gambar, suara dan video). Pilihan no media pada terkoneksi mobile data merupakan pilihan tepat, karena kalian juga masih bisa mengunduh gambar tersebut secara manual. Jadi tidak perlu khawatir.

Itulah sedikit yang bisa saya berikan, Pada Kesempatan kali ini.
Bagaimana Mas bro dan Mbak sis?? Puas dengan Tips dan Trik yang saya berikan di atas? Mudah-mudahan puas ya, dan Menambah pengetahuan serta wawasan Mas bro dan Mbak sis.

THANK YOU ALL FOR COMING🙆

8 komentar untuk "7 Tips dan Trik Aplikasi WhatsApp di Android"