Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghemat Penggunaan RAM di Android Tanpa ROOT


Hayyoww, what's upp Mas bro dan Mbak sis, welcome back di FANBlog. kali ini, kembali saya akan memposting atau membagikan TIPS dan TRIK di Smartphone kesayangan Mas bro dan Mbak sis, dengan judul artikel kali ini yaitu " Cara Menghemat Penggunaan RAM di Android Tanpa ROOT ". 
Tips atau Cara yang saya bagikan kali ini, sangat sederhana dan sangat gampang di praktikkan di Android kesayangan Mas bro dan Mbak sis. Kenapa saya bilang begitu, karena Tips atau Cara ini tidak memerlukan akses ROOT pada Android kalian, jadi sangat mudah dilakukan.

Cara kerja smartphone Android hampir sama dengan komputer, karena saat menggunakannya membutuhkan RAM dalam segala aktifitasnya, jika RAM terlalu banyak digunakan akan membuat kinerja dari smartphone kalian menjadi lambat atau lag, yang pasti akan membuat Otak Mas bro dan Mbak sis panas akan hal itu. Nah, bagi Mas bro dan Mbak sis yang tidak ingin Androidnya menjadi lambat atau lag, langsung saja lakukan hal hal yang saya berikan dibawah ini :

1.  Mematikan Koneksi Nirkabel

Koneksi Nirkabel seperti Wi-fi atau Bluetooth lumayan juga menghabiskan RAM karena akan melakukan scanning secara berkala. Jika Mas bro dan Mbak sis tidak menggunakannya,  lebih baik dimatikan atau di non-aktifkan saja.

2. Mematikan Aplikasi yang Tidak Digunakan

Langkah ini sangat manjur untuk menghemat penggunaan RAM. Mas bro dan Mbak sis bisa Matikan aplikasi yang tidak digunakan tersebut dengan menggunakan aplikasi task manager yang dapat diunduh secara gratis di Play Stor.

3. Meminimalisir Penggunaan Widget

Widget di Android sangat fungsional, tidak hanya untuk jalan pintas aplikasi-aplikasi penting tapi juga sering digunakan untuk mempercantik tampilan Android, namun jika Android kalian tidak memiliki RAM yang terlalu besar, akan lebih baiknya  kalau penggunaan widget tersebut diminimalisir.


4. Hapus Aplikasi yang Tidak Penting

Kalau Kalian sering  mencoba-coba aplikasi, ada baiknya secara berkala kalian lebih baik menghapusnya saat tidak digunakan. karena secara tidak kita sadari hal tersebut ikut berpengaruh pula dalam penggunaa RAM. Oleh karena itu ada baiknya kalian hapus saja Aplikasi-aplikasi a yang menganggur tersebut.
Gunakan aplikasi seperlunya supaya RAM Mas bro dan Mbak sis dapat bekerja secara optimal, agar kegiatan dengan device Android Mas bro dan Mbak sis  semakin menyenangkan dan tidak membuat kepala kembali panas lagi.

Nah, bagaimana mudah bukan? Langsung saja Mas bro dan Mbak sis lakukan hal-hal yang saya berikan tersebut ke Android kesayangan Mas bro dan Mbak sis.

Itulah sedikit Tips atau Cara yang saya bagikan kali ini, Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan Kalian semua.

THANK YOU ALL FOR COMING🙆

13 komentar untuk "Cara Menghemat Penggunaan RAM di Android Tanpa ROOT "