Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Negara dengan Teknologi Paling Maju di Dunia

FANBlog - Perkembangan teknologi di dunia saat ini sungguh sangat meningkat selama 2 dekade terakhir. Begitu juga dengan kebutuhan konsumen. Kehadiran teknologi kini mencakup hampir ke semua lini atau sektor kehidupan manusia. Tak bisa dipungkiri, jika industri teknologi menjadi salah satu industri yang paling menguntungkan di dunia. Menyadari peluang yang ada, banyak negara yang berlomba-lomba untuk berusaha keras dalam menembangkan industri teknologi mereka. Bukan hanya untuk kebutuhan dalam negeri, mereka juga mengekspor produk inovatif mereka ke seluruh dunia.

Teknologi paling maju, Negara dengan teknologi paling maju

Berikut ini 10 Negara dengan Teknologi paling maju di dunia versi FANBlog. Negara apa saja dan seperti apa? Simak ulasannya di bawah ini :

1. Prancis
Pada tahun 2016 yang lalu saja, Prancis telah memiliki 86 perusahaan yang bergerak di bidang teknologi. Bahkan kabarnya, demi meningkatkan perindustrian teknologi di Negaranya, Prancis kini menawarkan bisa bagi siapa pun yang ingin atau bersedia mengembangkan dan berinvestasi dalam start-up teknologi di Negaranya.

2. Rusia
Pertumbuhan ekonomi rusak yang sangat pesat merupakan salah satu prestasi besar Negara ini. Di samping minyak dan gas, sektor teknologi informasi dan komunikasi merupakan salah satu pendorong pembangunan ekonomi di Rusia. Sejak tahun 2000, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berkembang 4 kali lebih cepat dari rata-rata kinerja ekonomi Rusia.

3. Inggris
Negara ini merupakan rumah bagi beberapa perusahaan teknologi terkemuka di dunia. Salah satu yang terbesar diantaranya adalah Sage. Sage merupakan perusahaan yang mengembangkan perangkat lunak akuntansi yang telah terjual di seluruh dunia.

4. Swedia
Swedia terkenal dengan inovasinya dibidang teknologi ponsel. Bahkan keberhasilan perusahaan Swedia yang bergerak di bidang teknologi ini, memilik andil besar dalam menyelamatkan Swedia dalam krisis ekonomi yang terjadi di tahun 2000 silam.

Jika dulu Swedia menghasilkan Ericsson dalam bidang teknologi, kini mereka memiliki Spotify, Skype, dan Toren perusahaan yang menggunakan fleksibilitas internet untuk berkomunikasi dan berbagi informasi.

5. China
Perusahaan perangkat keras seperti Huawei telah memoles tangan mereka sendiri di pasar teknologi. Ditambah lagi Baidu atau yang dikenal dengan nama " Google China " situs pencari besutan mereka sendiri yang juga menguasai dan mendominasi pasar domestik dengan 70 juta lebih pengguna aktif. Ditambah lagi kehadiran Alibaba, situs ritel yang menjual barang elektronik hingga layanan real estate.

Tak salah jika tahun 2020 nanti, China menargetkan 60% PDB mereka berasal dari Sains dan Teknologi, luar biasa bukan!
Penyebab China menjadi Negara dengan teknologi paling maju di dunia juga tak lepas dari dukungan pemerintah mereka sendiri.

Diprediksi China akan menjadi Negara dengan kemajuan teknologi yang paling maju di dunia mengalahkan Amerika Serikat. Mengingat baru-baru ini AS melakukan ban kepada perusahaan teknologi asal China yaitu Huawei yang menggunakan fasilitas Google. Yang menurut pemerintah AS, mereka melakukan ban terhadapt perusahaan besar asal China tersebut kerena merasa meraka terancam stabilitas Negaranya.

Akan tetapi menurut pemerhati Teknologi, apa yang dilakukan AS itu semata-mata mereka takut posisinya di geser China dalam hal kemajuan teknologi.

6. India
India? Gak usah kaget, jika India masuk ke dalam daftar Negara dengan kemajuan teknologi yang tinggi. Pasalnya India berhasil menghasilkan 160 M Dollar hanya dalam rentan waktu tahun 2016 - 2017. Jumlah ini merupakan
10% dari PDB mereka. Salah satu perusahaan yang berhasil mengukir kisah suksesnya yaitu Infosys yang sekarang sudah beroperasi di seluruh dunia, setelah memulai investasi hanya dengan 250 Dollar.

7. Australia
Terhitung sejak dari tahun 2015, Negara ini berhasil menghasilkan 5,1% dari PDB yang mereka dapat dari pasar digitalnya. Belum lagi 22% dari tenaga kerja yang mereka miliki yang merupakan tenaga kerja ahli. Jadi jangan heran, jika banyak perusahaan teknologi terbesar di dunia melihat potensi dari Negara ini yang membuka kantor dan menyediakan fasilitas penelitian di Negaranya.

8. Korea Selatan
Bukan hanya terkenal dengan dramanya, Korsel juga terkenal dengan teknologinya. Meski sempat menjadi salah satu Negara miskin yang pernah terjadi pada tahun 1969 silam, nyatanya Negara ini mampu bangkit dan berhasil menjadi Negara dengan ekonomi terbesar ke-14 di Dunia. Hal ini tak lepas dari besarnya pengaruh perusahaan teknologi di Negaranya.

Korsel memiliki beberapa perusahaan di bidang teknologi yang sukses di dunia salah satu satunya adalah Samsung.

9. Jepang
Sampai saat ini Jepang masih menjadi Negara industri teknologi Asia. Untuk menambah kemajuan teknologi Negaranya yang sangat pesat, tak tanggung-tanggung pemerintahnya sengaja menginvestasikan 26 T Yen pada tahun 2016 yang lalu untuk perkembangan teknologi dan usaha kecil dalam jangka waktu 5 tahun ke depan.

Sebut saja Sony, Toshiba, Mitsubishi dan Panasonic yang sudah tak asing lagi yang juga telah ikut meramaikan pasar teknologi dunia.

10. Amerika
Amerika dapat berbangga diri dengan 6,7 juta pekerjanya di industri teknologi mereka. Menurut sebuah laporan pada tahun 2015 yang menjelaskan, bahwa 6% dari PDB Amerika beraspal dari ekonomi digital . Jumlah ini belum termasuk dari sektor teknologi lainnya.

Apple, Yah tentu saja memberikan pengaruh yang signifikan untuk kesuksesan ekonomi di Negaranya. Pada tahun 2017 yang lalu saja Apple telah mencapai level tertinggi di pasar teknologi sekitar 800 M Dollar.

Itulah daftar 10 Negara di Dunia yang teknologinya sangat maju yang berhasil kami himpun. Mudah-mudahan Negara kita Indonesia juga nantinya termasuk dalam Negara-negara tersebut. Apalagi sekarang Indonesia juga akan memasuki industri 4.0

Terimakasih.

6 komentar untuk "10 Negara dengan Teknologi Paling Maju di Dunia"